Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Info Lengkap Cara Membuat Akte Kelahiran Bagi Orang Dewasa

Cara membuat akte kelahiran orang dewasa termasuk hal yang cukup merepotkan, karena syarat dokumen yang dibutuhkan sudah hilang entah kemana. Contoh nya adalah surat kelahiran dari bidan, klinik bersalin atau rumah sakit.

Pada jaman sekarang, akte kelahiran sangat dibutuhkan. Terlebih bagi anda yang ingin mengurus paspor dan tidak punya ijazah, pasti membutuhkan akte kelahiran sebagai syarat pengganti ijazah.

Bagi anda yang tertarik dan ingin membuat akte kelahiran ketika sudah dewasa atau sudah memiliki anak, berikut info lengkap cara membuat nya.

Cara membuat akte kelahiran dewasa

Cara Membuat Akte Kelahiran Bagi Yang Sudah Dewasa


Syarat yang diperlukan:
  • Foto kopi ktp
  • Foto kopi kartu keluarga
  • Foto kopi dan asli surat nikah orangtua
  • Surat pengantar rt dan rw
  • Surat pernyataan kelahiran 

Proses cara membuat akte kelahiran orang dewasa:
  • Minta surat pengantar rt dan rw yang bertujuan ingin membuat surat pernyataan kelahiran
  • Jadikan satu semua berkas dokumen yang diatas
  • Pergi menuju Kelurahan, untuk meminta surat pernyataan kelahiran
  • Setelah mendapatkan surat pernyataan dari Kelurahan, baru lah anda menuju dinas catatan sipil
  • Ambil nomor antrian, lalu tunggu dipanggil petugas
  • Utarakan maksud tujuan anda ke petugas, dengan menunjukan berkas dokumen
  • Anda tinggal menunggu proses akte kelahiran dan menerima resi
Memang kelihatan nya proses membuat akte untuk orang dewasa sangat ribet, tapi ketika kita menjalani, ternyata mudah dan tidak sulit. Untuk cara mengurus akte buat anak yang baru lahir, bisa baca disini.
Baca juga: Info cara membuat akte kelahiran anak terbaru
Masalah biaya yang dibutuhkan dalam proses pembuatan akte kelahiran orang dewasa, sangat relatif, tergantung kebijakan di tempat anda. Kalau di Jakarta sih gratis, hanya membayar sumbangan untuk PMI.

Kegunaan akte kelahiran sebagai salah satu surat identitas sangat banyak, seperti dalam membuat paspor untuk umroh dan paspor untuk keperluan lainnya.

Semoga info cara membuat akte kelahiran untuk orang dewasa, bisa bermanfaat dan mudah dimengerti. Apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk corat coret dibawah.

Share this article :
+
30 Komentar untuk "Info Lengkap Cara Membuat Akte Kelahiran Bagi Orang Dewasa"

Hi, saya mau buatkan akte untuk org tua saya yg berusia 54tahun ,tapi kendalanya di surat nikah org tua tidak ada , untuk pengurusannya harus bagaimana yah .

Hi juga mba Niken. Untuk membuat akte orang dewasa tanpa surat nikah, bisa langsung menyiapkan syarat-syarat berikut:
1. Formulir dari rt dan rw
2. Foto kopi saksi 2 orang, bisa paman atau bibi
3. Surat pernyataan anak seorang ibu

Semua syarat diatas harus ada dan yang paling penting adalah surat pernyataan anak seorang ibu yang dibubuhi materai 6000.

Mba datang saja ke kelurahan, nanti dikasih formulir tersebut lengkap dengan formulir saksi dan pernyataan anak seorang ibu. Nanti ketika sudah jadi akte kelahiran, hanya ada nama ibu. Contoh, telah lahir seorang anak yang bernama pulan anak dari seorang ibu di akte kelahiran. Semoga bisa membantu mba Niken ,,😁

Nb: semua proses dilakukan di kelurahan, karena semua sudah satu pintu.

sy usia 42 tahun,kira-kira syarat apa saja yg dibutuhkan untuk pembuatan Akta Lahir sedangkan saya tidak memiliki surat kenal lahir,mohon info nya.thx

Untuk syarat lengkapnya anda bisa baca pada postingan dibawah ini.
http://www.goresaninformasi.com/2017/10/cara-membuat-akte-kelahiran-dewasa-tanpa-surat-nikah.html

Kalo merubah akte lahir karna salah penulisan bagaimana ya?

Jika kesalahan penulisan nama di akte kelahiran masih beberapa bulan semenjak diterbitkan, masih bisa dibetulkan. Syarat-syarat nya bisa membawa dokumen asli kartu keluarga dan salinan surat kelahiran dari rumah sakit / klinik mas Suyanto.

Tapi, jika kesalahan nama di Akte Kelahiran sudah bertahun-tahun, harus melalui pengadilan dan membawa dokumen pendukung serta surat pernyataan bermaterai.

Semoga bisa membantu.

Sy umur 30th dan mau membuat akte,dan sy pun sudah berkeluarga dan sudah punyankartu keluarga sendi dan sy pun sudah pindah kota,ibu sy waktu melahirkan sy bukan dibidan tp di paraji,

Pertanyaanya:bisa kah membuat aktenya di tangerang di kota sy menetap?
Lalu sarat pernyataan kelahiranya tidak ada karna di paraji,bagaimana ya?

Saya yudi 32th,Jika tidak punya surat kenal lahir dari bidan dan dukun banyinya sudah meninggal bagaimana cara pengurusannya

Bisa saja mba echa,nanti di kelurahan setempat ada formulir surat pernyataan kelahiran yang harus di isi sesuai KTP mba dan dibubuhi materai 6000. Satu lagi jika tidak memiliki surat nikah orangtua, harus melampirkan surat pernyataan anak seorang ibu yang dibubuhi materai 6000 dan formulir nya juga disediakan di kelurahan setempat. Kalau pertanyaan nya bisa tidak membuat akte di domisili, tentu bisa karena sistem sudah online. Semoga bisa membantu.

Bisa mas yudi, nanti di kelurahan ada formulir pernyataan kelahiran anak yang harus di isi sesuai KTP dan Ijazah. Selebihnya cara mengurus bisa melihat artikel diatas. Semoga bisa membantu

Saya wira, mau urus akta kelahiran u/ ibu sy yg sdh berumur 58 th, td kan di sebutkan syarat nya hrs ada ktp dr paman atau bibi ( sebagai saksi ) kalo mereka sdh tidak ada bagaimana ya u/ saksinya tersebut

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung.

Masalah dua orang saksi, apabila paman atau bibi sudah meninggal dunia, bisa digantikan dengan orang lain atau tetangga yang mengenal ibu mas wira. Contoh teman nya semasa kecil.

Saksi tersebut hanya sebagai syarat saja dan mengetahui bahwa ibu mas wira memang lahir pada hari, tanggal dan tahun yang sesuai dengan KTP terlampir.

Semoga bisa membantu mas Wira mengurus akte kelahiran untuk ibunda tercinta, salam.

Mas nama kedua orangtua saya di akte & ijazah adalah nama orgtua angkat.Tp di KK & swaktu pembuatan ktp sdh nama org tua kandung.Nah mau buat paspport jadinya ga matching. Bagaimana proses mengganti nama org tua di akte menjadi nama org tua kandung biar sesuai dgn KK saya. Terimakasih.

Terima kasih sudah mampir ke blog saya mba haslinda astrid.

Untuk pembetulan nama orang tua di akte kelahiran sesuai orangtua kandung, harus dilengkapi bukti yang cukup. Salah satunya adalah sebagai berikut:

1. Surat nikah orangtua kandung asli dan foto kopi
2. Surat pernyataan orang tua angkat diatas materai yang menyatakan bahwa benar mba adalah anak angkat.
3. Foto kopi KTP
4. Foto kopi KK
5. Harus menyertakan surat pernyataan pembetulan nama di pengadilan. Contoh surat sudah saya ulas di postingan lain.

Sebagai catatan, jika nama orangtua di rubah di akte, secara otomatis ijazah harus di rubah semua dan kalau tidak di rubah ijazah mba tidak bisa digunakan.

Saran saya, coba siapkan syarat dokumen diatas dan poin ke 5 menyusul. Lalu mba pergi ke dukcapil dan tanya bagaimana sebaiknya. Apakah akte dan ijazah di rubah semua, atau mba merubah nama orangtua di KK.

Proses rubah nama orang tua di KK lebih mudah ketimbang merubah di Akte Kelahiran. Sebab data kelurahan bisa dirubah asal ada dokumen lama, seperti akte dan ijazah.

Opsi lain mba bisa membuat Akte Kelahiran baru dengan nama orang tua kandung dan prosesnya mudah seperti postingan diatas, tapi mba juga harus merubah nama orangtua di ijazah.

Semoga bisa membantu 😁

ke 2orang tua sudah meninggal dan akta nikah ke 2 ortu sudah hilang,,,
Bagaimana y kalo mau buat akta umur saya 27th dan sudah menikah,,

Terima kasih sudah mampir mba Nur Ikmasari.

Terkait pertanyaan mba, sebenarnya cara nya sama saja dengan yang di ulas diatas. Hanya saja mba harus melampirkan surat kematian orangtua mba asli dan fotokopi.

Kenapa harus ada surat kematian, sebab nanti dilihat nomor ktp orangtua tersebut.

Kalau akta nikah sudah hilang tetap bisa membuat akte kelahiran karena dalam syarat pembuatan, ada surat pernyataan lahir dan surat pernyataan anak seorang ibu.

Untuk lebih jelasnya, baca postingan saya tentang cara membuat akte kelahiran tanpa surat nikah dan surat kelahiran mba nur.

Semoga bisa membantu. 😁

Mas mau tanya, umur saya 28 tahun saya punya surat keterangan lahir dari rumah sakit.. Apakah masih perlu surat pernytaan dari kelurahaan?

Sebelumnya terima kasih sudah berkunjung mba adinda serfira.

Jika mba sudah memiliki surat keterangan lahir dari rumah sakit, tidak perlu lagi surat pernyataan. Tinggal melengkapi berkas dokumen lain seperti:
1. Foto kopi KTP
2. Foto kopi KK
3. Foto kopi surat nikah orangtua
4. Foto kopi 2 orang saksi
5. Surat pengantar RT dan RW

Lalu kemudian mengisi formulir pembuatan akte kelahiran di Kelurahan.

Nanti pihak Kelurahan akan mengeluarkan SPL yang bisa mba gunakan untuk mencetak akte kelahiran di Dukcapil.

Semoga bisa membantu 😁

misi yah mau tnya sya mau urus akte kelahiran ank sya apa bisa persyaratannya hanya surat nikah gereja aja sebab yg surat nikah sipilnya blm di urus karna ada kendala diistri yg blm memiliki akte kelahiran? trimkasih sblmnya

Terimakasih sudah berkunjung om ricky.

Dalam mengurus akte kelahiran syarat utama nya harus memiliki Kartu Keluarga. Sebab langkah awal harus memasukkan nama anak ke dalam KK dulu, baru setelah itu bisa dibuatkan akte kelahiran.

Masalah surat nikah sipil, harus dimiliki dulu. Sebab jika tidak, tidak ada catatan nya, baik dikelurahan maupun KUA.

Untuk cara lengkap membuat akte kelahiran anak, sudah saya buat postingan terpisah, silahkan dibaca saja.

Intinya, kalau hanya surat nikah dari Gereja, saya rasa tidak bisa. Tapi ada baiknya datang saja ke kelurahan setempat dan menanyakan masalah om agar lebih jelas. 😁

Mohon bantuan informasinya mas saya umur 27
Saya sudah pernah punya akte , tetapi akte itu hilang bersama ijazah saya, dan saya juga tidak memiliki copian nya, apa langkah yg harus saya lakukan, dulu akte saya di keluarkan di daerah padang, sekarang saya domisili jakarta, apa yg harus saya lakukan?
Dan apakah untuk syarat nikah akte wajib?
Mohon bantuan informasinya mas
Terima kasih

Terimakasih sudah berkunjung uda Khalil Ibrahim.

Kalau akte hilang, silahkan buat surat kehilangan terlebih dahulu di polsek setempat lalu kemudian bawa ke dukcapil padang bersama dokumen lain seperti
1.KTP
2.KK orangtua
3.Surat nikah orangtua

Biasanya akan diproses lebih lanjut dari dokumen pendukung diatas, kalau memang ada akan dibuatkan lagi. Tapi, biasanya butuh waktu.

Kalau syarat untuk menikah, memang tidak wajib akte kelahiran untuk pihak laki-laki hanya ijazah yang diperlukan.

Untuk cara jelasnya, sudah saya posting cara membuat surat nikah di artikel lain.

Semoga bisa membantu.

Saya mohon infonya. Jd begini, saya adalah anak pungut. Tdk tau sejarah ortu & keluarga. Bahkan sy d asuh ibu angkat tpi beliau tdk mau mengakui sy dlm KK nya. Alhasil sy tdk memiliki data kependudukan hingga usia 20. 2 bln sebelum nikah pun sy d tahan krn memiliki dokumen lengkap.

Lalu bagaimana jika saya tdk memiliki surat nikah ortu kandung,
Saya juga tdk punya ijazah sm sekali,
Dan tdk memiliki surat kelahiran dri bidan/RS manapun.
Bagaimana solusi ny untuk asal usul saya yg tdk jelas ini?

Terimakasih sudah berkunjung mba Vebbyolla.

Saya turut prihatin dengan status asal-usul mba dan belum memiliki data kependudukan. Hanya mba belum mengatakan sudah punya KTP dan sudah menikah atau belum.

Baik, dari penjelasan diatas saya beranggapan mba sudah menikah dan memiliki KTP.

Untuk membuat akte kelahiran yang pertama kali dibutuhkan adalah KTP dan KK serta surat pengantar RT dan RW.kemudian mba bawa ke kelurahan setempat yang menerbitkan KTP mba.

Nanti disana mba akan dikasih formulir untuk pengajuan pembuatan akte kelahiran, masalah tidak punya surat nikah orangtua, ijazah maupun surat lahir dari bidan bisa diatasi dengan surat pernyataan lahir serta surat pernyataan anak seorang ibu.

Jika ibu angkat mba Vebby tidak mau mengakui, saran saya sebaiknya datang saja ke kelurahan setempat lalu minta penjelasan bagaimana langkah yang harus di tempuh, apakah tetap mencantumkan nama ibu angkat mba secara diam-diam atau ada solusi lain.

Kalau mba belum memiliki KTP, buat terlebih dahulu di kelurahan. Jika syarat-syarat nya harus menggunakan kk, nanti dijelaskan dan saya yakin pihak kelurahan memiliki solusi atas permasalahan mba Vebby.

Semoga bisa membantu 😁

Admin tolong pencerahanya.
Oeang tua saya kelahiran solo jawa tengah.
Sekarang domisili di dki jakarta .ktp dan kk dki jakarta.
Orang tua lupa apakah pernah punya akte ataupun belum.
Bagaimana mengurusnya ?apakah di jakarta atau harus ke kota kelahiran.
Terimakasih

Terima kasih sudah berkunjung mas raul.

Jika orangtua ingin membuat akte kelahiran, harus sesuai ktp dan kk terbaru. Apabila menelusuri apakah sudah pernah punya akte, proses nya repot dan lama. Jadi sebaiknya buat saja yang baru yaitu di Jakarta.

Mengenai syarat-syarat yang diperlukan, sudah admin ulas diatas. Nanti pada poin ktp saksi, sertakan punya saudara orangtua saja, apabila ktp paman dan bibi malah lebih baik.

Semoga bisa memberi pencerahan 😁

Min mohon pencerahannya..
Sy umur26 tahun,sy mau buat akta kelahiran,itu pake ktp saya sendiri apa ktp orang tua,soalnya ktp orang tua hilang,apa saja syarat yg harus sy lengkapi..
Terimakasih admin..
Mohon infonya min..

Terimakasih sudah berkunjung mas Indra Laksana.

Pembuatan akte kelahiran harus menggunakan ktp si pembuat (anda sendiri). Tapi, juga memerlukan ktp orangtua dan juga surat nikah nya.

Apabila orangtua mas Indra sudah tidak punya surat nikah, masih tetap bisa membuat akte kelahiran. Berikut syarat-syaratnya:

1. Foto kopi KTP dan KK
2. Surat pengantar RT dan RW
3. Foto kopi KTP 2 orang saksi
4. Surat kelahiran dari rumah sakit/klinik/bidan
5. Surat nikah kedua orangtua (bisa diganti dengan KTP ibu kandung)

Setelah lengkap, tinggal menuju kelurahan dan mengisi formulir yang disediakan. Namun jika tidak memiliki surat nikah orangtua dan surat lahir, bisa membuat surat pernyataan dari kelurahan dan surat pernyataan anak seorang ibu, dengan menyiapkan materai 6.000 sebanyak 4 buah.

Semoga bisa membantu 😁

Tolong minta infonya?
Saya mempunyai kedua orang tua, yang tidak mempunyai surat kelahiran,, sedangkan umurnya bpak saya sudah 50 tahun, sedangkan ibu saya 45 thun,,semuanya di lahirkan dari dukun beranak,, maklum zaman dahulu kan,ke bidan jarang ada? terus nenek dan kakek saya sudah pada meninggal, sedangkan surat nikah maupun ktp pada hilang terkena banjir,, gimana caranya agar saya bisa membuatkan akta kelahiran,,?

Terimakasih sudah berkunjung mas Rohmat.

Mengenai permasalahan mas, sebaiknya di tanya dahulu kepentingan membuat akte kelahiran untuk kedua orangtua apa,

Jika sekedar punya saja, harus mengikuti prosedur syarat-syarat yang admin jelaskan diatas. Masalah segala dokumen hilang karena sebab tertentu seperti banjir, pasti ada salinan kartu keluarga/KK baik di RT dan Kelurahan. Nah dari situ mas rohmat buatkan lagi KTP untuk kedua orangtua.

Setelah punya KTP dan KK, baru bisa mengajukan pembuatan akte kelahiran dan masalah surat lahir bisa digantikan dengan surat pernyataan lahir dari kelurahan. Dan surat nikah bisa diganti dengan surat pernyataan anak seorang ibu.

Tapi harus ingat, proses nya bisa lama karena pihak kelurahan memprioritaskan pembuatan akte untuk bayi baru lahir, usia sekolah dan untuk keperluan umroh.

Intinya KTP dan KK harus punya dulu, sebab penting untuk segala macam urusan dokumen.

Semoga bisa membantu

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia