Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Lihat dan Baca Hukum Fidusia Leasing Untuk Melindungi Motor Dirampas Debt Collector

Anda termasuk orang yang memiliki kendaraan bermotor dengan cara kredit dan sudah menunggak selama 3 bulan, serta takut di tarik oleh leasing? Baca dan fahami hukum Fidusia, untuk menghindari penarikan motor atau dirampas secara semena-mena oleh debt collector.

Memiliki kendaraan bermotor merupakan idaman setiap orang, walaupun dengan cara kredit pasti dilakukan.

Bagaimana kalau tiba-tiba banyak keperluan mendesak dan membuat angsuran kredit kendaraan bermotor anda menjadi menunggak sampai 3 bulan? Tentu rasa was-was selalu mengintai, karena takut motor yang menjadi tunggangan untuk mencari uang diambil paksa oleh pihak leasing lewat debt collector.


Hukum Fidusia Melindungi Motor Kredit Dirampas Debt Collector


Kementriam Keuangan lewat salah satu peraturan nya menyatakan bahwa, pihak leasing atau perusahaan pembiayaan tidak boleh menarik kendaraan nasabah secara paksa, hanya karena belum membayar angsuran atau menunggak.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) no.130/PMK.010/2012 tentang peraturan Fidusia perusahaan pembiayaan yang dikeluarkan tanggal 7 Oktober 2012.

Dengan adanya peraturan tersebut, pihak leasing tidak boleh mengambil motor secara paksa baik di jalan, lampu merah maupun dirumah lewat perantara debt collector/ mata elang.

Setiap dilakukan transaksi oleh leasing atau perusahaan pembiayaan, konsumen dilindungi oleh hukum Fidusia.

Apa itu hukum Fidusia?

Menurut Undang-Undang no 42 tahun 1999, Fidusia adalah suatu proses mengalihkan hak milik atas suatu benda atas dasar kepercayaan, tapi benda tersebut masih dalam penguasaan pihak yang mengalihkan.

Biasanya hukum Fidusia di masukkan dalam klausul perjanjian kredit kendaraan bermotor, dan debitur/ orang yang kredit wajib membayar biaya jaminan Fidusia.

Konsumen selaku nasabah kredit dilindungi oleh Undang-undang, bila suatu saat kendaraan di sita oleh pihak leasing karena menunggak pembayaraan.

Hukum yang benar bila anda menunggak membayar ktedit kendaraan bermotor adalah, pihak leasing melaporkan ke pengadilan, lalu kasus anda akan disidang. Pihak pengadilan akan mengeluarkan surat penyitaan, lalu kendaraan akan dilelang dan hasil uang lelang akan di potong untuk membayar tunggakan serta sisanya diserahkan kepada anda.
Baca juga: Arti dan kegunaan swdkllj pada STNK
Jika memang pihak debt collector membawa sepucuk surat Fidusia, ketika akan menyita kendaraan anda, periksa dengan teliti. Bila memang surat tersebut ternyata palsu, maka laporkan ke pihak kepolisian. Memalsukan surat fidusia, akan dikenakan denda sebesar 1,5 Milyar.

Kenali hak anda sebagai debitur kendaraan bermotor, jika terjadi penarikan paksa oleh pihak leasing, maka hal tersebut termasuk tindak pidana pencurian bila dirumah, perampasan bila dijalan dan akan dikenakan pasal 368, pasal 365 KUHP Ayat 2,3 dan 4.

Semoga info singkat ini bisa bermanfaat serta menjadi sumber pengetahuan yang swdang anda cari.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Lihat dan Baca Hukum Fidusia Leasing Untuk Melindungi Motor Dirampas Debt Collector"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia