Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Cara Merawat Burung Pentet Agar Rajin Berkicau

Cara merawat burung pentet agar rajin berkicau - Burung pentet merupakan salah satu jenis burung yang banyak ditemui didaerah jawa timur. Suara kicau burung tersebut, boleh dibilang sangat merdu, terutama saat terawat dengan baik.

Banyak pemilik pentet melakukan perawatan sederhana yang bisa anda tiru, agar suara kicau semakin rajin dan nyaring. Sebagai informasi saja, burung ini juga bisa menjadi isian murai loh.

Bagi anda yang memiliki burung pentet namun belum ngoceh dengan rajin, berikut ini informasi tips cara merawat burung pentet yang mudah dan sangat berguna untuk membuatnya rajin berkicau.


Cara merawat burung pentet agar rajin berkicau


1. Kebersihan kandang
Kandang adalah rumah kedua bagi setiap burung ocehan, tak terkecuali burung pentet. Kebersihan sebuah kandang menjadi tolak ukur burung yang sehat dan menjadi pemicu rajin tidak nya kicau burung tersebut.

Bersihkan kandang setiap hari dan maksimal 3 hari sekali, agar tidak ada bakteri yang hinggap ke badan burung pentet. Gunakan semprotan air atau selang air dan sabun cuci untuk membersihkan bagiann bawah kandang.

2. Pakan burung pentet
Untuk burung yang sudah dewasa, memberi pakan jangkrik, ulat hongkong dan kroto pagi dan sore merupakan cara yang tepat untuk burung bisa lebih rajin berkicau.

3, Memandikan burung dan menjemur
Untuk burung yang belum rajin ngoceh, mandikan setiap pagi dan jemur selama 2 jam pada pukul 7 sampai 9 pagi. hal ini bisa membuat stamina burung menjadi bagus dan meningkatkan suara kicau yang merdu.

4. Gantang burung
Menggantang burung pentet bersama dengan burung ocehan lainnya, sangat membantu untuk meningkatkan sura kicau menjadi lebih rajin. Biasanya para pecinta kicau mania, sering mengadakan trek bareng antar burung agar varian suara isian menjadi lebih banyak.

Burung pentet biasa dengan keadaan panas, namun jangan terlalu lama dalam menjemur nya karena bisa merusak pita suara dan yang paling serius bisa menyebabkan kematian burung. :(
Baca juga: Cara perawatan burung murai kontes
Dengan melakukan cara perawatan burung pentet yang tepat, stamina serta suara kicau akan lebih nyaring, merdu dan rajin. Sayangnya kontes burung pentet sudah tidak ada lagi, jadinya berimbas ke harga jual burung tersebut.

Lihat juga video ocehan burung penter berikut ini.

Semoga informasi singkat tentang cara merawat burung pentet, bisa menambah ilmu tentang dunia kicau burung ocehan.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Merawat Burung Pentet Agar Rajin Berkicau"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia