Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Pengertian Dana Pensiun Biasa dan Dana Pensiun Syariah

Pengertian dana pensiun biasa dan dana pensiun syariah - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mendorong terbentuknya dana pensiun dengan sistem syariah, agar segera terwujud. Sebab dengan terbentuknya dana pensiun syariah, akan memperluas pangsa pasar keuangan syariah yang tumbuh dengan pesat beberapa tahun ini. Bagi anda yang ingin ikut program dana pensiun syariah, bisa segera mendaftar setelah peraturan selesai di buat dan diberlakukan.

pengertian dana pensiun syariah

Pengertian Dana pensiun biasa
Dana pensiun adalah sebuah program keuangan yang mengelola sejumlah uang dari seseorang untuk bisa dinikmati di kemudian hari. Setiap orang yang mengikuti program dana dana pensiun, akan dibebani angsuran bulanan yang mana jumlah nya tergantung kesepakatan antara yang memiliki uang serta Bank yanv ditunjuk mengelolanya.

Dana pensiun bersifat abadi dan tidak bisa di tarik sebelum waktu yang ditentukan. Oleh karena itu, seseorang yang mengikuti program dana pensiun, hanya bisa menarik seluruh uangnya ketika sudah mencapai masa pensiun/istirahat.

Pengertian dana pensiun syariah
Dana pensiun yang selama ini dikelola dengan cara biasa, akan segera dirubah pada prinsip syariah pada Bank yang memakai sistem syariah seperti Bank Muamalat, Mandiri syariah, BNI syariah dan lain sebagainya.

Secara garis besar program dana pensiun syariah tidak jauh beda dengan yang biasa, hanya saja kisaran bunga yang dihitung lewat dana pensiun syariah, memakai perhitungan bagi hasil alias sesuai ketentuan agama islam.

Baca juga: 
DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) yang belum terkonversi secara syariah, akan segera dikonversi setelah peraturan dapen syariah selesai dibuat.

Menurut fakta di lapangan, para nasabah dana pensiun yang selama ini dikelola secara biasa, ingin mengikuti pengelolaan dana mereka secara syariah. Namun karena masih sedikitnya Bank yang menyediakan program dana pensiun dengan basis syariah, hal tersebut menjadi sulit.

Sosialisasi dana pensiun syariah kini mulai dilakukan oleh OJK dan Dewan Syariah Nasional (DSN), untuk mempercepat masuknya dapen ke dalam sistem syariah. Kita doakan semoga hal baik tersebut cepat terlaksana.

Kesimpulan
Dengan banyaknya program syariah seperti asuransi syariah, Bank syariah, sudah selayaknya dana pensiun syariah juga ada. Karena banyak nasabah yang tertarik untuk mengalokasikan dana pensiun mereka dengan cara yang sesuai dengan syariah Islam.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Pengertian Dana Pensiun Biasa dan Dana Pensiun Syariah "

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia