Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Pengertian Obligasi dan Cara Membelinya

Pengertian obligasi dan cara membelinya - Merencanakan investasi untuk masa depan, merupakan cara bijak untuk mengelola keuangan anda yang mungkin sedang banyak saat ini. Investasi dengan banyak keuntungan serta kekurangan juga tersebar luas jika anda ingin mencarinya, sebagai contoh adalah investasi dalam bentuk obligasi.

Obligasi adalah surat hutang yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan kepada pemegang obligasi dengan catatan jangka waktu serta bunga yang dibayarkan. Secara mudah, obligasi bisa juga berarti surat hutang perusahaan kepada yang memberi hutang.

Pengertian investasi obligasi
Ilustrasi surat Obligasi

Melakukan pengelolaan keuangan dengan cara investasi melalui obligasi, cukup bisa diandalkan. Sebab peraturan pemerintah saat ini, melindungi investasi obligasi dengan peraturan UU No. 24 Tahun 2002/UU No. 19 Tahun 2008.

Berbagai keuntungan melakukan investasi dengan cara obligasi, sangat terjamin. Sebab investasi yang mulai di kenal tahun 2006 ini, memberikan pembayaran yang langsung di jamin oleh pemerintah melalui undang-undang.

Semakin tertarik dengan investasi obligasi, nanti dulu, anda harus tahu bagaimana sistem pembayaran obligasi.

Pembayaran Obligasi
Sistem investasi obligasi pada setiap negara berbeda satu dengan lainnya, khusus di negara Indonesia, sistem Obligasi yang dikeluarkan mempunyai jangka waktu 1-10 tahun, dengan perhitungan pembayaran setiap bulan beserta bunganya.

Investasi obligasi ini, lebih menguntungkan ketimbang deposito Bank dan lebih terjamin dari segi keamanan.

Sebagai contoh adalah Bank Mandiri yang menerbitkan obligasi tanpa kupon (Zero Coupon Bond) yang mana pembayaran obligasi memakai jangka waktu dengan proses pembayaran keuntungan secara penuh dan tanpa bunga.

Jika obligasi pada saat anda beli mencapai 100℅ dan pada tahun selanjutnya meningkat sampai 120℅ maka keuntungan anda yaitu 20℅ dari total dana yang dikeluarkan untuk membeli obligasi.

Baca juga: Cara mengatasi penipuan mobile banking pada ponsel android

Tempat pembelian obligasi
Pengelolaan keuangan dengan cara Obligasi, tidak serta merta mudah di beli dimana saja. Berbeda dengan saham, yang mana anda tinggal mengunjungi BEI (Bursa Efek Indonesia) dan langsung membelinya.

Obligasi memakai sistem agen yang mana setiap perusahaan yang akan menerbitkan obligasi harus bekerja sama dengan agen penjual yang di tunjuk secara resmi, seperti Bank dan lembaga sekuritas.

Karena pembelian obligasi yang tidak bisa dimana saja, wajar bila investasi yang satu ini kurang terkenal dan tidak semua orang mengerti cara main nya.

Kesimpulan
Mengelola keuangan melalui investasi obligasi, harus diteliti dahulu baik dan buruknya. Jangan sampai anda tidak mengerti dan salah langkah dalam mengelola keuangan.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Pengertian Obligasi dan Cara Membelinya"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia