Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

7 Ciri-ciri Cucak Ijo Over Birahi yang Harus Anda Tahu

Ciri-ciri cucak ijo over birahi - Burung cucak ijo yang sedang over birahi, mengalami perubahan yang sangat mencolok dari biasanya. Hal ini disebabkan beberapa faktor, seperti adanya pasangan burung cucak ijo betina atau disebabkan karena sudah tiba masa kawin.

Untuk mengenal bagaimana ciri-ciri cucak ijo over birahi, berikut adalah ulasan lengkap yang setiap pemilik burung harus tahu.


Ciri-ciri burung cucak ijo over birahi (OB)


1. Naik turun tangkringan

Ciri pertama adalah cucak ijo sering naik turun tangkringan. Memang setiap burung dalam sangkar, sering naik turun tangkringan sebagai salah satu tanda burung tersebut sehat. Tapi, jika sudah terlalu sering atau terus-menerus, bisa menjadi ciri cucak ijo sedang birahi.

2. Mengeluarkan bunyi krek..krek sambil menjulurkan lidah / melet

Ciri yang kedua, sangat mencolok karena tingkah laku yang tidak biasanya.  Coba Anda perhatikan, jika cucak ijo yang Anda miliki mengeluarkan bunyi krek...krek sambil mengeluarkan lidah, sudah pasti burung sedang OB dan bunyi tersebut sebagai tanda, untuk menarik perhatian burung cucak ijo betina.

3. Kicau berubah menjadi ngeriwik

Burung cucak ijo yang sedang over birahi, selalu mengeluarkan bunyi ngeriwik. Sebab ngeriwik merupakan sebuah signal bagi cucak ijo betina, bahwa si jantan telah siap.

4. Suka menabrak kandang, jika ada burung lain

Over birahi pada cucak ijo, bisa membuat gejolak dalam tubuhnya dan membuat semangat yang meledak-ledak sehingga jika ada burung sejenis atau burung lain yang berdekatan, kemudian cucak ijo akan menghampiri dengan menabrak jeruji kandangnya.

Baca juga: 9 cara menurunkan cucak ijo over birahi paling ampuh

5. Mengembangkan bulu saat di ledek tangan

Siapa yang menduga jika cucak ijo yang over birahi, memberikan respon jika di goda tangan. Padahal pemilik burung beranggapan bahwa burung sudah mulai akrab/jinak, padahal sedang OB. Respon bulu yang mengembang, menandakan kesiapan burung pada musim kawin. Hal ini hampir terjadi pada setiap unggas yang memiliki bulu, tak terkecuali burung.

6. Bulu bagian kepala berubah jambul

Seperti halnya burung ocehan jenis lain, cucak ijo juga ngejambul pada bagian bulu kepala karena sedang over birahi. Namun perubahan bulu kepala menjadi jambul, sering diiringi dengan suara krek... krek... krek yang merupakan tanda alami menarik perhatian betina.

7. Sering menggetarkan sayap

Menggetarkan sayap juga termasuk ciri alami seekor burung yang sedang birahi. Tak terkecuali cucak ijo, tanda tersebut juga sering dilakukan pada tiap kesempatan. Sebab menggetarkan sayap, termasuk salah satu cara menarik perhatian burung betina.


Itulah 7 ciri-ciri burung cucak ijo over birahi yang harus Anda ketahui, walaupun masih ada ciri lainnya semua hampir sama hanya saja menghunakan kata-kata yang berbeda.

Dengan mengetahui ciri-ciri burung cucak ijo yang sedang birahi (OB), Anda bisa lebih memperhatikan dalam segi perawatan yang diberikan. Semoga bermanfaat.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "7 Ciri-ciri Cucak Ijo Over Birahi yang Harus Anda Tahu"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia