Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Penyebab Ekor Murai Lepas dan Cara Merawat Ekor Murai

Burung murai ekor lepas - Burung murai yang sedang mengalami permasalahan bulu ekor lepas, perlu cara perawatan/treatment khusus agar bulu bisa cepat tumbuh kembali. Sebab jika dibiarkan berlarut-larut atau anda ber asumsi akan tumbuh sendiri bulu ekor nya, akan membuat burung mengalami stress dan yang paling fatal adalah mbagong alias tidak mau berkicau. Nah, bagaimana cara merawat dan menumbuhkan bulu ekor burung murai yang bondol, berikut adalah ulasannya.

Penyebab ekor murai lepas cara merawat nya

Sebelum melangkah ke arah perawatan untuk menumbuhkan bulu ekor burung murai, sebaiknya Anda harus mengetahui apa yang menjadi penyebab bulu ekor murai sampai terlepas.

Dalam hal ini admin membagi menjadi beberapa penyebab.
  • Mabung
  • Cara memandikan murai yang kurang tepat
  • Penyakit
  • Ekor murai dicabut paksa

1. Mabung

Mabung adalah fase dimana bulu sebuah unggas dalam hal ini burung murai, mengalami pergantian. Penyebabnya bisa karena birahi atau memang sudah saatnya pergantian bulu yang biasa terjadi pada burung murai yang masih muda alias 1/2 pur.

2. Cara memandikan murai kurang tepat

Memandikan burung murai tidak boleh sembarangan, sebab jika Anda melakukan secara asal akan membuat bulu lepas tanpa Anda ketahui.

Biasanya cara memandikan dengan memegang burung murai lalu dicelupkan dalam bak air, akan membuat burung menjadi agresif dan berontak, sehingga besar kemungkinan terjadi bulu ekor lepas tanpa sengaja.

3. Penyakit

Penyakit sering hinggap pada burung murai seperti bakteri yang menyebabkan gatal, akan membuat burung merespon dengan mematuk bagian dari tubuhnya yang mengalami gatal, sehingga secara tidak langsung bisa membuat bulu menjadi lepas.

Biasanya penyakit gatal burung murai disebabkan karena kebersihan kandang kurang terjaga atau pakan yang sudah kadaluarsa.

4. Ekor murai dicabut paksa

Biasanya cara ini dilakukan pada bulu ekor yang kurang bagus atau rusak, sehingga pemilik mencabut paksa bulu ekor agar bisa tumbuh dengan bagus.

Jika Anda melakukan hal tersebut, siapkan segera kapas untuk membersihkan darah pada lubang bulu yang dicabut, agar pertumbuhan ekor bisa cepat.

Baca juga: 3 alasan kenapa burung murai malas berkicau / mbagong

Cara menumbuhkan bulu ekor burung murai


1. Sering dimandikan

Memandikan burung murai dengan cara yang benar, akan membuat pertumbuhan bulu ekor bisa lebih cepat. Gunakan semprotan air atau tempat/kandang pemandian burung khusus yang banyak dijual di toko burung, dan lakukan setiap hari serta jangan lupa di jemur.

2. Bersihkan bagian ekor murai setiap hari

Membersihkan bagian ekor burung murai yang lepas, harus sering dilakukan karena biasanya, tempat tumbuh nya bulu ekor terhalang oleh darah yang membeku serta kotoran.

Gunakan kapas atau cottonbud yang dibasahi dengan air, lalu bersih kan setiap hari, dengan begitu pasti pertumbuhan bulu ekor burung murai akan lebih cepat.

3. Beri pakan bergizi tinggi

Pakan burung, sama pentingnya dengan perawatan. Sebab pakan yang memiliki kandungan gizi tinggi, akan mempercepat proses pertumbuhan bulu ekor burung murai.

Berikan kroto setiap hari, agar burung murai mendapatkan gizi yang cukup, untuk proses pertumbuhan bulu ekor.

Itulah beberapa penyebab bulu ekor burung murai lepas dan cara menumbuhkan nya, semoga bisa bermanfaat bagi para kicau mania, khususnya yang memelihara burung murai.

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Penyebab Ekor Murai Lepas dan Cara Merawat Ekor Murai"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia