Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

3 Penyebab Cucak Ijo Mbagong / Mbalon Mandek Bunyi dan Cara Mengatasinya

Cucak ijo mandek bunyi - Burung Cucak ijo biasa mengalami mandek bunyi karena beberapa hal dan fenomena tersebut, bisa dengan mudah diatasi jika hobi burung tahu caranya. Kemungkinan mengatasi Cucak ijo mbagong/mbalon atau mandek bunyi bisa 100% berhasil, jika terlebih dahulu diketahui penyebabnya dan berikut adalah penyebab Cucak ijo mandek bunyi beserta cara mengatasinya.

Banyaknya penggemar burung ocehan jenis Cucak ijo yang didominasi para anak muda, semakin menambah semarak hobi burung kicau di Indonesia. Seiring banyaknya penyuka jenis burung ocehan tersebut, timbul masalah yang kerap datang seperti mandek bunyi. Padahal ketika di beli, burung dalam keadaan prima dengan suara kicau yang gacor.

Penyebab cucak ijo mandek bunyi mbagong

Jika Anda pemilik burung ocehan jenis Cucak ijo dan bingung kenapa tidak mau bunyi/berkicau,  jangan takut jangan resah sebab semua bisa diatasi dengan mudah dan berikut adalah ulasannya.

1. Cucak ijo mbagong/mbalon karena over birahi


Burung Cucak ijo sering sekali mengalami birahi karena sebab yang kurang bisa dijelaskan, mungkin karena sudah waktunya/musim kawin atau karena terlalu sering di gantang bersama burung lain.

Cara mengatasi:
Jika burung Cucak ijo mengalami mandek bunyi karena over birahi, cara pertama adalah menurunkan OB dengan perawatan dibawah ini 9 cara menurunkan Cucak ijo over birahi paling ampuh.

Setelah keadaan birahi Cucak ijo turun/reda, barulah rawat seperti biasa dan dalam waktu kurang dari 2 minggu, burung sudah kembali bunyi.

2. Cucak ijo mbagong karena beradaptasi


Sifat burung yang semi Fighter alias tidak petarung, membuat Cucak ijo sering galau ketika pindah tempat baru. Lamanya waktu beradaptasi dengan lingkungan baru, membuat Cucak ijo kadang mandek bunyi.

Cara mengatasi:
Jauhkan sementara waktu dengan burung lain, agar proses adaptasi bisa cepat. Mandikan dan jemur seperti biasa dan berikan pakan buah pepaya, serta voer yang mengandung protein 18.

3. Cucak ijo mbagong karena sakit


Penyebab lain yang membuat Cucak ijo mbagong adalah sakit. Biasanya, burung hanya diam saja dan tidak banyak bergerak kesana-kemari. Perhatikan dengan seksama, burung ocehan Anda, jika mengalami sakit sudah pasti akan malas bunyi.

Cara mengatasi:
Umumnya sakit pada Cucak ijo karena faktor cuaca, kebersihan kandang, pakan basi dan air yang jarang di ganti.

Jika Cucak ijo malas bunyi karena sakit, jangan dimandikan dulu, beri vitamin burung seperti birdvit pada minuman nya dan bersihkan kandang.


Dari ketiga penyebab Cucak ijo mandek bunyi diatas, Anda bisa mempelajari apakah burung rawatan Anda mengalami 1 dari 3 hal diatas atau malah ketiga-tiganya.

Tips diatas diperoleh dari teman hobi burung, yang sudah malang-melintang dalam dunia burung kicau sejak lama dan sampai sekarang. Semoga bermanfaat.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "3 Penyebab Cucak Ijo Mbagong / Mbalon Mandek Bunyi dan Cara Mengatasinya"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia