Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Berwudhu Dalam Kaitan Bersuci (THOHAROH) Lahir dan Bathin

Dalam postingan kali ini alfaqir akan mencoba mengulas tentang berwudhu untuk menyucikan lahir dan bathin. Seperti antum semua ketahui, berwudhu merupakan suatu hal yang sangat penting (wajib) yang harus dilakukan pertama kali oleh seorang hamba dalam melakukan sebuah ibadah baik wajib maupun sunnah.

Begitu pentingnya masalah berwudhu ini, sampai-sampai tidak akan sah sholat seseorang apabila tidak berwudhu atau tidak tertib dalam melaksanakan rukun berwudhu.

rukun wudhu


Rukun berwudhu itu adalah:
  1. Membaca niat berwudhu. 
  2. Membasuh muka 3x.
  3. Membasuh kedua tangan sampai sikut 3x.
  4. Membasuh sebagian kepala 3x.
  5. Membasuh kedua kaki, sampai mata kaki 3x.
  6. Tertib (berurutan dari 1 sampai 5).

Adapun sunnah-sunnah dalam berwudhu itu adalah:

  1. Membaca basmalah
  2. Mencuci kedua telapak tangan
  3. Berkumur-kumur
  4. Memasukan air kedalam lubang hidung.
  5. Membasuh kedua telinga.
  6. Mendahulukan anggota badan yang kanan atas yang kiri. 
  7. Menyilangkan jari-jari tangan dan menggosok jari-jari kaki.
  8. Menghadap kiblat. 
  9. Tidak berlebihan dalam menggunakan air dalam berwudhu. 
  10. Berdoa setelah selesai berwudhu. 


Semua itu harus diketahui oleh seseorang yang ingin berwudhu, jangan sampai kita menyalahi rukun berwudhu tersebut, karena bisa menyebabkan wudhu kita tidak sah.

Banyak sekali seseorang berwudhu tanpa memperhatikan tertib wudhu, dan tidak berurutan dalam melakukannya, kemungkinan mereka tidak tahu atau tidak ada yang menegur  ketika tidak tertib/berurutan dalam berwudhu.

Apabila seseorang terbiasa berwudhu dalam setiap keadaan, bathin pun akan terasah dengan sendirinya menjadi suci dan akan selalu siap menerima rahmat dalam bentuk apapun.

Contohnya mudah dalam menangkap pelajaran, bisa menjauhi hal-hal yang tidak baik, dijaga dalam tidurnya apabila berwudhu sebelum tidur, dan lain sebagainya.

Dalam ilmu kedokteran berwudhu merupakan salah satu regenerasi sel kulit dan bisa mempercantik wajah, coba bandingkan wajah seseorang yang sering berwudhu dengan yang tidak tentunya akan terlihat perbedaannya.

Dalam riset para ahli yang meneliti tentang bagian telinga/indera pendengaran ditemukan bahwa ada bagian dari indera tersebut yang harus dibasahi dengan air sesering mungkin yang bisa membuat anggota tubuh lainnya merasa segar.

Dengan berwudhu untuk menyucikan lahir dan bathin kita tidak hanya memperoleh pahala, kita juga bisa mengambil manfaat dalam segi kesehatan jasmani dan rohani.

Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Berwudhu Dalam Kaitan Bersuci (THOHAROH) Lahir dan Bathin"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia