Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

THOHAROH (BERSUCI) LAHIR DAN BATHIN

Dalam fiqih agama islam kita mengetahui bahwa bab tentang bersuci (thoharoh) sangat penting untuk diketahui seorang muslim dalam upaya untuk melaksanakan suatu ibadah wajib ataupun sunah, dan banyak pengarang kitab yang sudah terkenal memberi perhatian khusus dalam masalah bersuci.

Bersuci (thoharoh) erat hubungannya dengan sarana atau alat untuk membersihkan, dalam hal ini air.


Air yang sah untuk bersuci ada 7 macam, air sumur, air hujan, air sungai, air laut, air sumber (mata air), air embun, air es. 

Air yang tersebut diatas dibagi menjadi 2 bagian.

  1. Air mutlak, yaitu air yang suci dan mensucikan yang bentuknya tidak berubah (murni).
  2. Air suci tapi tidak mensucikan, yaitu air yang sudah berubah bentuknya karena sebab tertentu, contohnya air yang dipanaskan dengan api.

Untuk melakukan bersuci (thoharoh) lahir seperti, mandi boleh menggunakan air suci yang dipanaskan karena sebab tertentu seperti sedang mengalami sakit yang menyebabkan badan kita meriang apabila tidak menggunakan air panas.

Untuk membersihkan (thoharoh) bathin, diperlukan upaya dari kita agar menjauhi segala macam perbuatan yang membuat bathin menjadi kotor, seperti mengambil air untuk bersuci lahir tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada yang punya hak, berlebihan dalam menggunakan air untuk bersuci lahir serta tidak disertai niat untuk ibadah dalam bersuci.

Dengan melakukan thoharoh lahir bathin, insya allah kita akan bisa beribadah lebih tenang dan khusyuk.
Wallahu a'lam bisshowab.
Advertisement
Share this article :
+
This is the oldest page
0 Komentar untuk "THOHAROH (BERSUCI) LAHIR DAN BATHIN"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia