Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Handphone Android Terkena Air atau Basah, Ini Yang Harus Dilakukan

Tips mengatasi handphone android terkena air - Memiliki handphone android memang sangat menyenangkan, apalagi dalam handphone tersebut banyak sekali aplikasi yang bisa dengan mudah kita unduh.

Seperti halnya dengan barang elektronik lainnya, handphone Android juga rentan akan benda cair seperti air. Bila anda secara tidak sengaja menjatuhkan perangkat handphone ke dalam air, atau terkena tetesan air hujan, sudah pasti akan ada dampak yang negatif pada handphone.

Untuk itu, kali ini saya akan bagi tips, apa saja yang harus dilakukan bila sebuah handphone Android terkena air.

Tips mengatasi android terkena air

Handphone android basah, ini yang harus dilakukan


1. Matikan handphone dan cabut batere

Pada saat pertama kali handphone terkena air, hal pertama dan yang paling utama adalah jangan panik. Matikan handphone dan mencabut batere sesegera mungkin adalah cara yang bijak, agar tidak terjadi kosleting.

Selain itu, mematikan dan mencabut batere bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti merembet nya kerusakan akibat air yang masuk ke dalam perangkat handphone.

2. Buka Casing handphone

Bila sebuah handphone android terkena benda cair, hal yang paling mudah dilakukan adalah membuka penutup atau biasa disebut Casing. Buka dengan hati-hati, Casing yang menutup bagian depan dan belakang, agar anda mengetahui sampai bagian mana handphone terkena air.

3. Gunakan alat pengering

Untuk mengatasi air yang masuk, gunakan alat pengering seperti kapas dan tisu. Lap dengan perlahan, agar air yang meresap tidak masuk lebih dalam.

Penggunaan hair dryer bisa juga dilakukan, namun anda harus hati-hati dalam menggunakan nya. Jarak aman antara handphone dan alat pengering rambut, sekitar 15 sampai 20 cm.

Lakukan pengeringan dengan cara alat di goyang kan, agar hawa panas tidak terlalu menyengat terhadap handphone android yang terkena air.

4. Menjemur handphone

Bila anda tidak memiliki alat pengering rambut, penjemuran adalah cara yang terbaik. Karena, dengan teknik menjemur, air akan menguap dan komponen handphone akan kering dalam beberapa menit saja.

Jangan lupa untuk membuka penutup Casing handphone depan dan belakang saat menjemur, agar hasil lebih maksimal.


Baca juga: Cara mengatasi hilang sinyal handphone android

Dengan tips diatas, kemungkinan handphone rusak akibat terkena air atau basah bisa berkurang.

Menurut servis center serta tukang servis handphone dan dari pengalamam pribadi, handphone bisa kembali berfungsi dengan normal, bila anda langsung menerap kan cara diatas.

Salah satu cara yang biasa dilakukan tukang servis hp bila handphone terkena air adalah dengan cara dipanaskan melalui sebuah alat yang bisa menghantar kan panas. Namun, cara ini bisa berisiko terhadap komponen lain yang tidak terkena air.

Untuk itu, mencoba cara yang lebih aman sangat disarankan bagi anda, bila handphone android kesayangan terkena basah akibat hujan atau terkena air.

Semoga info singkat tentang, cara mengatasi handphone android yang terkena air atau basah bisa bermanfaat.

Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Handphone Android Terkena Air atau Basah, Ini Yang Harus Dilakukan"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia