Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Cara Daftar Pemilihan Kepala Daerah/Pilkada DKI Jakarta

Cara daftar pilkada serentak - Mendekati awal tahun 2017, beberapa daerah akan melakukan pemilihan kepala daerah atau pilkada serentak, tak terkecuali juga dengan ibukota negara Indonesia yaitu DKI Jakarta.

Menurut sumber dari komisi pemilihan umum, pengecekan data pemilih mulai dilakukan dengan menyebar ribuan petugas ppdp di berbagai rt dan rw.

Pengecekan dan pencocokan data pemilih / ppdp dilakukan di lingkungan masing-masing yang ditandai dengan sebuah stiker bertuliskan jumlah pemilih dan pemilih disabilitas yang ditempel di rumah calon pemilih.


Bagi anda yang belum terdaftar nama serta anggota keluarga yang lain dalam formulir A.A1- kwk, berikut adalah cara agar bisa terdaftar dalam pemilihan kepala daerah serentak.

Cara Daftar Pilkada Serentak


  • Kunjungi petugas pencocokan penelitian data pemilih/ppdp di wilayah masing-masing
  • Cek apakah nama anda dan anggota keluarga ada dalam data pemilih sementara
  • Jika nama anda dan keluarga tidak terdaftar, ajukan kepada petugas ppdp untuk mencatat nama anda atau keluarga yang tidak terdaftar, disertakan bukti kartu identitas yang valid
  • Pastikan proses pencatatan nama anda sudah selesai, ketika data dikirim ke kelurahan

Itulah tips singkat, cara daftar pilkada serentak yang sedang berlangsung dalam tahun 2017. Bila proses berjalan lancar, nama anda atau keluarga akan terdaftar dalam daftar pemilih sementara sebelum pilkada dilakukan.

Cara daftar pilkada tidak sesuai dengan domisili


Memang sungguh merepotkan, bila anda harus tinggal di suatu daerah dan surat identitas berupa KTP masih berada di tempat anda lahir. Hal tersebut, akan berpengaruh dalam proses daftar pemilih pilkada.

Namun tidak usah risau, jika anda ingin ikut memilih dalam pilkada serentak dan ter ganjal masalah domisili, berikut ini adalah cara yang harus dilakukan.

  • Datangi petugas pencocokan dan penelitian data pemilih di tempat anda berada
  • Tunjukan kartu identitas yang anda miliki
  • Minta surat pernyataan dari petugas ppdp yang berada di alamat kartu tanda penduduk anda
  • Tunjukkan  surat pernyataan tersebut kepada petugas ppdp ditempat anda tinggal sekarang
  • Nama anada akan dicatat dan dimasukkan dalam data pemilih tambahan yang pindah domisili
  • Lihat hasil dalam daftar pemilih sementara

Itulah tips dan cara daftar untuk menjadi pemilih dalam pemilihan kepala daerah serempak, khususnya DKI Jakarta. Semoga bermanfaat.

 Baca juga: Info lengkap cara pindah surat identitas KTP
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Daftar Pemilihan Kepala Daerah/Pilkada DKI Jakarta"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia