Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Hutang Dalam Ber Haji Boleh Atau Tidak ??

"Labbaik allohumma labbaik, labbaik kalaa syarikalaka labbaik innal hamda wa ni'mata laka wal mulk laa syariikalak".
Ucapan tersebut sering kita dengar ketika banyak orang menunaikan ibadah haji sebagai salah satu rukun islam yang kelima.

Yang menjadi pertanyaan boleh kah menunaikan haji dengan jalan berhutang? Disini ada 2 pendapat ulama tentang masalah tersebut.


Hutang dalam ber haji, boleh atau tidak??


1. Boleh
Apabila hutang tersebut bisa dibayar sesudah melakukan ibadah haji dan tidak memberatkan keluarga yang ditinggalkan, serta tidak berdampak jelek pada kehidupan orang tersebut. 

Contohnya berhutang untuk menutupi biaya haji atau biaya seluruh perjalanan haji, dengan pertimbangan mampu membayar dengan gaji atau hasil niaga tanpa memberatkan orang yang menjadi tanggungannya.

2. Tidak boleh
Kalau selepas melakukan ibadah haji malah membuat orang tersebut menjual rumahnya atau tanahnya, dimana rumah dan tanah tersebut menjadi tempat tinggalnya selama ini.

Pendapat yang kedua ini, disetujui oleh mayoritas ulama islam. Karena menelantarkan keluarga karena ibadah, tidak boleh dilakukan.
Baca juga: Mengenal tentang ibadah haji
Bagaimana apabila berhaji, tapi meninggal kan hutang yang harus dibayar setiap bulan?

Menurut pendapat beberapa ulama, boleh saja. Asalkan, sudah dipersiapkan bayarannya dan tidak mengganggu biaya hidup orang yang ditinggalkan, dalam hal ini keluarga.

Semoga yang singkat ini bisa bermanfaat, Wallahu a'lam bisshowab.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Hutang Dalam Ber Haji Boleh Atau Tidak ??"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia