Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Mengenal Dasar Hukum Islam Secara Mudah

Mengenal berbagai hukum islam, adalah perkara yang wajib diketahui oleh seorang muslim. Sebab semua lini kehidupan, tak lepas dari yang namanya hukum, baik hukum negara maupun hukum agama. Nah, dalam postingan kali ini, alfaqir akan mengulas tentang dasar hukum islam yang harus diketahui seorang muslim dan muslimah.

Kenapa penting? Karena mengetahui dasar hukum islam, akan memudahkan anda dalam melakukan sebuah amaliyah yang berhubungan dengan makhluk maupun dengan khalik.

Mengenal dasar hukum islam

Mengenal dasar hukum islam secara mudah


  1. Fardhu (wajib). Segala sesuatu apabila dikerjakan akan nendapat pahala, dan apabila tidak dikerjakan akan mendapat dosa. Contohnya adalah: sholat lima waktu,  puasa di bulan ramadhan, membayar zakat fitrah dan zakat mal (kekayaan).
  2. Sunnah.  Segala sesuatu apabila dikerjakan akan mendapat pahala, dan apabila tidak dikerjakan tidak mendapat dosa. Contohnya adalah: sholat sunnah, sedekah, berbuat baik dan lain sebagainya.
  3. Mubah (boleh). Segala sesuatu apabila dikerjakan tidak mendapat pahala, dan apabila tidak dikerjakan tidak mendapat dosa. Contohnya adalah: makan, minum, mandi, dan lain sebagainya.
  4. Makruh.  Segala sesuatu apabila dikerjakan tidak disukai allah swt, dan apabila tidak dikerjakan disukai allah swt. Contohnya adalah: makan jengkol, bawang putih, merokok dan lain sebagainya.
  5. Haram. Segala sesuatu apabila dikerjakan akan mendapat dosa, dan apabila tidak dikerjakan akan mendapat pahala. Contohnya adalah: minum khamar, berjudi, berzina, fitnah, khianat, dan lain sebagainya.

Semua yang alfaqir ulas diatas, adalah dasar hukum islam dalam segi perbuatan atau prilaku manusia. Adapun tentang hukum sifat sesuatu benda atau perbuatan itu ada 2 macamnya:

  1. Halal, suatu benda atau makanan yang dibolehkan dipakai atau dimakan menurut alquran dan hadits serta fatwa para ulama saleh. Dalam makanan tidak boleh ada unsur dari 2 binatang yang diharamkan allah dalam alquran, contohnya anjing, babi, anak dari keduanya, enzimnya, serta segala sesuatu yang terkandung didalam kedua binatang tersebut. Dalam perbuatan tidak boleh merugikan dan menyakiti orang lain, contohnya memberi dan menerima suap, membeli barang yang sudah ditawar sesama muslim dan lain sebagainya.
  2. Haram, segala sesuatu baik dari segi makanan dan perbuatan yang dilarang dalam alquran dan hadits serta fatwa para ulama saleh. Contoh makanan yang mengandung unsur dari dua binatang yang diharamkan dalam alquran dan hadits serta fatwa ulama. Dalam segi perbuatan tidak boleh merugikan dan menyakiti orang lain.
  3. Mubah, segala sesuatu baik dari segi benda maupun perbuatan yang boleh dilakukan karena sifat manusiawi. Seperti mandi, makan, minum, sakit, Dan main sebagainya.
  4. Makruh, segala sesuatu baik dari segi perbuatan maupun benda yang memiliki nilai tidak disukai Allah.
  5. Syubhat, segala sesuatu baik dari segi perbuatan maupun sifat benda yang masih samar atau diragukan hukum nya.


Itulah dasar hukum islam yang harus kita ketahui, adapun untuk hukum sifat benda seperti makruh, mubah dan syubhat akan dijelaskan dalam artikel selanjitnya. Dan ingat, kesempurnaan hanya milik allah dan kesalahan datangnya dari manusia.

Semoga yang singkat ini ada manfaatnya.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Mengenal Dasar Hukum Islam Secara Mudah"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia