Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Ulasan Lengkap ZAKAT MAL dan Yang Berhak Menerimanya

Dalam agama islam terdapat bermacam-macam zakat seperti zakat fitrah, zakat mal, zakat hewan ternak, zakat pertanian dan zakat barang temuan. Kali ini saya akan mengulas, tentang dasar zakat mal atau zakat pendapatan.

Zakat mal adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim, apabila sudah mencapai batas dan waktunya atau nisab 1 tahun, dan batas hitungnya adalah 100 gram emas.

Mengapa harus dikeluarkan zakatnya? Karena zakat itu membersihkan harta yang kita punya dan menambah keberkahan dalam kehidupan. Karena hukumnya wajib, apabila tidak dilaksanakan akan berdosa.

Kepada siapa harus diserahkan zakat mal kita? Merujuk pada alquran, orang yang wajib menerima zakat ada 8 golongan:


Orang yang berhak menerima zakat mal


  1. Faqir (orang yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari hari) contohnya: pagi bisa makan, siang dan malam nya belum pasti bisa makan.
  2. Miskin (orang yang hidupnya pas-pasan/tidak bisa menabung)
  3. Muallaf (orang yang baru masuk islam) sesuai dengan artinya yaitu orang yang dilemahkan hatinya untuk masuk islam, hal ini dibutuhkan untuk menguatkan imannya.
  4. Riqob (hamba sahaya), untuk zaman sekarang insya allah sudah tidak ada.
  5. Ghorimin (orang yang berhutang untuk kebutuhan hidupnya).
  6. Amilin (panitia pembagi zakat), tugas amilin ini begitu mulia dan berat, Sesuai hadits nabi "amilin itu menapakan kaki kanannya disurga, dan kaki kirinya dineraka, apabila benar masuk surga dan apabila salah masuk neraka". Maka jadilah amilin yang baik dan benar jangan menjadi amilin yang ambilin.
  7. Ibnu sabil (orang yang didalam perantauan untuk menuntut ilmu)
  8. Fisabillah (orang yang berjuang dijalan allah) dalam hal ini para ulama sepakat contohnya adalah imam sholat, marbot dan lain lain

Semua orang yang mengeluarkan zakat mal harus memperhatikan kemana zakat mal nya harus disalurkan, tidak sah kalau diberikan ke satu orang saja. Sesuai kitab fiqih Fathul qorib, menyalurkan ke 4 golongan saja sudah sah menurut hukum.
Yang lebih bagus, kita keluarkan zakat ditempat kita mencari uang, contoh kita mencari uang di Jakarta, zakatnya juga di Jakarta.

Maka itu saya sangat menganjurkan apabila anda mempunyai uang 1 juta keluarkan zakatnya 2,5% = 25.000.
Walaupun belum mencapai batasannya tapi saya yakin banyak manfaatnya buat kehidupan dunia dan akherat.
Baca juga: Mengenal hukum-hukum islam secara mudah
Bila tidak mampu menyalurkan sendiri zakat mal anda, ada baiknya menyalurkan kepada lembaga-lembaga zakat yang terpercaya semisal rumah zakat, zis dan lainnya.

Semoga yang singkat ada manfaatnya.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Ulasan Lengkap ZAKAT MAL dan Yang Berhak Menerimanya"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia