Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Tips Menjaga Lutut Sehat Saat Usia 50 Tahun

Tips menjaga lutut sehat - Banyak orang tidak mengetahui bahwa menjaga lutut supaya tetap sehat, sebenarnya sangat mudah. Bagaimana caranya, simak ulasan ini lebih lanjut.

Lutut merupakan sebuah tempat pertemuan antara dua sendi, yang mana setiap usia seseorang meningkat, akan berkurang juga fungsi serta kesehatannya. Banyak yang berpendapat bahwa dengan olahraga yang teratur serta melakukan kegiatan fisik, sendi pada lutut bisa menjadi sehat. Hal tersebut ada benar nya, namun jika sudah menginjak usia 50 tahun, ada hal yang menjadi pantangan agar lutut tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

tips menjaga lutut sehat

Tips menjaga lutut sehat saat usia 50 tahun


1. Olahraga teratur
Walaupun kegiatan fisik seperti olahraga berat sudah tidak boleh dilakukan, namun tubuh tetap perlu kegiatan fisik agar jantung bisa menjadi sehat dan peredaran darah menjadi lancar.

Lakukan olah raga jalan kaki serta senam yang tidak perlu gerakan berlebih, agar tubuh menjadi sehat dan sendi pada lutut tetap bisa berfungsi baik.

2. Makan buah dan sayur
Tubuh memerlukan asupan vitamin, mineral dan serat yang seimbang. Untuk itu, makan buah serta sayur setiap hari akan membuat lutut tetap sehat meski usia sudah 50 tahun.

3. Jangan angkat beban berat
Mengangkat benda yang memiliki bobot berat, akan membuat kerja lutut semakin berat. Sebaiknya hindari kegiatan tersebut, untuk menjaga kesehatan lutut.

4. Jangan melakukan olahraga berat
Walaupun olahraga itu penting, jika seseorang sudah mencapai usia 50 tahun sebaiknya jangan melakukan olahraga yang berat seperti jogging, lari, lompat, tenis, badminton, futsal dan lain sebagainya. Hal ini memaksa lutut bekerja lebih keras dan akhir nya bisa membuat cidera.

5. Jangan berjalan diatas kerikil tanpa alas kaki
Banyak orang salah berpendapat, bahwa melakukan kegiatan berjalan diatas kerikil adalah suatu hal yang bisa membuat sehat. Tetapi hal ini bisa menjadi musibah, bagi seseorang yang sudah berusia 50 tahun keatas.

Kenapa demikian, sebab tekanan bobot tubuh akan merusak saraf kaki yang sangat penting. Jika ada yang bilang termasuk refleksi, itu salah besar. Sebab refleksi hanya menekan saraf dengan ibu jari, yang menurut catatan hanya memiliki tekanan sebesar 5 kg, namun bila dengan kerikil tekanan yang diterima sangat besar.
Jika seseorang sudah di diagnosa mengalami cidera lutut ketika usia 50 tahun keatas, biaya perawatan bisa mencapai ratusan juta, tentu hal tersebut tidak kita inginkan bukan. Oleh sebab itu, peliharalah lutut anda agar tetap sehat walau sudah menginjak usia 50 tahun.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Tips Menjaga Lutut Sehat Saat Usia 50 Tahun"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia