Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

3 Alasan Kenapa Burung Murai Malas Berkicau

Burung murai termasuk salah satu burung ocehan yang memiliki suara kicau sangat merdu dan khas. Berbagai cara dilakukan para pecinta burung ocehan jenis murai, agar kicau yang dihasilkan bisa merdu dan panjang.

Memberi pakan murai, memang perlu pengetahuan super tinggi, agar tidak berdampak pada suara kicau burung murai itu sendiri. tapi bagaimana bila burung murai tidak mau berkicau alias ngoceh? Beberapa alasan dibawah ini mungkin salah satu penyebab hal tersebut bisa terjadi.

alasan burung murai malas berkicau

3 Alasan kenapa burung murai malas berkicau


1. Kegemukan
Hal ini bisa saja terjadi pada semua jenis burung ocehan, khususnya burung murai, bila terlalu sering diberi pakan. Burung murai gemuk akan menutupi saluran pita suara dengan lemak, sehingga produksi suara kicau sulit dikeluarkan.

Burung murai yang mengalami masalah kegemukan akan terlihat diam saja di sangkar dan tidak pernah bergerak serta tidak dapat mengeluarkan suara kicau yang merdu.

Beri pakan yang cukup dan jangan terlalu berlebihan, agar burung murai tetap terlihat segar dan bentuk tubuh menjadi porposional.

2. Stress
Burung murai yang mengalami stress, akan berdampak pada menurunnya suara kicau dan pada beberapa kasus, akan membuat kicau berhenti tanpa sesuatu yang jelas.

Jika burung murai sering bermain dibawah sangkar, waspada lah, sebab besar kemungkinan burung tersebut mengalami stress.

3. Luka pada pita suara
Luka yang terjadi pada pita suara burung murai, bisa disebabkan beberapa hal, dan yang paling sering terjadi, karena kaki jangkrik yang tersangkut di tenggorokan burung murai.

Oleh sebab itu, lakukan pemberian pakan jangkrik yang benar, agar tidak melukai kerongkongan burung murai.


3 alasan kenapa burung murai malas berkicau, sudah sering terjadi dan kebanyakan luput dari pengamatan sang pemilik burung. Coba cermati burung murai anda dan lakukan pengujian mulai dari pengurangan pakan sampai penjemuran burung setiap hari.

Jika anda takut terjadi luka pada kerongkongan burung murai saat pemberian pakan, sebaiknya beri pakan kroto saja dengan voer. Tapi jika ingin tetap di beri jangkrik, berhati-hatilah dengan kaki nya.

Semoga tips singkat ini bermanfaat, salam hobi burung.
Advertisement
Share this article :
+
2 Komentar untuk "3 Alasan Kenapa Burung Murai Malas Berkicau"

Pertanyaan: Kenapa warna hitam di ekor Burung Murai berubah kecoklatan dan kl di matahari terlihat tembus tdk Hitam lagi tolong solusinya kenapa! Terima kasih

Ada 2 kemungkinan faktor penyebab om Steve.

1. Burung murai masih muda
2. Ekor Burung di cat oleh penjual

Kalau faktor 1, kemungkinan ekor akan berubah dengan sendirinya menjadi hitam pekat, hanya saja perlu dilakukan perawatan yang baik.

Faktor 2 lebih kepafa pedagang nakal yang mencoba menipu dengan mengecat ekor menjadi hitam, agar mirip murai batu medan.

Sedangkan murai banyak sekali di Indonesia, seperti Nias, Borneo, Aceh dll. Hanya saja murai batu Medan banyak sekali di cari hobi burung karena kelebihannya.

Semoga bisa membantu 😀

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia