Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Bahaya Memberi Pakan Ulat Hongkong Secara Berlebihan Pada Burung Ocehan

Bahaya memberi pakan ulat hongkong secara berlebihan pada burung ocehan, memang terdengar sekilas seperti mitos belaka. Namun dibalik cerita atau mitos tersebut, terkadang ada makna tersembunyi yang harus dipelajari.

Burung ocehan yang mengeluarkan suara kicau merdu apalagi sudah gacor, membutuhkan asupan protein tinggi dari pakan yang diberikan setiap hari. 

bahaya ulat hongkong burung ocehan

Ulat hongkong atau mealworm, menjadi salah satu pilihan pakan burung ocehan yang banyak mengandung protein serta kalori tinggi.

Tapi bila terlalu banyak diberikan, akan sangat bahaya bagi kesehatan burung ocehan. Kenapa demikian, karena kandungan dari ulat hongkong bisa menyebabkan panas dan berimbas pada kesehatan burung peliharaan anda.

Hal tersebut pernah admin alami, ketika memberikan pakan EF pada burung ocehan berupa ulat hongkong secara berlebihan. Burung lebih mudah birahi dan merusak bagian mata.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat apa saja dampak yang ditimbulkan jika memberikan ulat hongkong secara berlebihan pada burung ocehan seperti murai, kacer, cucak ijo, jenggot anis, jalak dan lain sebagainya.

Bahaya memberi pakan ulat hongkong secara berlebihan pada burung ocehan 


1. Merusak mata penglihatan burung ocehan 

Kandungan protein tinggi pada pakan ulat hongkong, bisa menyebabkan gangguan pada mata burung ocehan bila diberikan secara berlebihan.

Takaran 1 ulat hongkong = 2 jangkrik, jika anda biasa memberi pakan jangkrik 10, lalu diganti ulat hongkong cukup berikan 5 saja, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Membuat badan burung panas

Karena tingginya nilai protein serta vitamin dan mineral pada ulat hongkong, membuat proses pembakaran dalam perut burung ocehan menjadi lebih panas.

Oleh sebab itu, berikan pakan ulat hongkong dengan bijak agar kesehatan burung menjadi lebih prima. Tentunya, dengan takaran yang pas.

3. Bisa merusak pita suara burung ocehan

Satu lagi hal yang cukup membahayakan dari akibat memberi pakan ulat hongkong secara berlebihan, yaitu bisa merusak pita suara burung ocehan. 

Ulat hongkong yang dicerna oleh perut burung, akan menghasilkan pembakaran yang cukup panas, sehingga bisa berakibat buruk bagi pita suara burung ocehan.


Itulah 3 bahaya memberi pakan ulat hongkong secara berlebihan pada burung ocehan, jika anda termasuk pemilik burung ocehan, lebih baik jangan terlalu banyak memberi pakan ulat hongkong.

Sebenarnya manfaat ulat hongkong bagi burung ocehan yang muda, bisa membantu mengeluarkan suara kicau menjadi lebih nyaring. Seperti yang pernah Saya alami dalam merawat burung kacer muda dengan ulat hongkong, dalam waktu 1 bulan sudah bisa berkicau nyaring.

Semoga informasi tentang bahaya memberi pakan ulat hongkong secara berlebihan pada burung ocehan, bisa bermanfaat khususnya bagi anda pecinta burung ocehan.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Bahaya Memberi Pakan Ulat Hongkong Secara Berlebihan Pada Burung Ocehan"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia