Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Hindari 3 Kesalahan Fatal Dalam Mengatasi Handphone Kemasukan Air

3 kesalahan dalam mengatasi handphone kemasukan air - Sebuah handphone yang didalamnya memiliki komponen elektronik pasti rentan terhadap air. Sifat air yang merupakan penghantar listrik atau konduktor, bisa menyebabkan handphone yang kemasukan air mengalami kerusakan fatal dan berat. Nah, bagaimana langkah jika handphone anda kemasukan air, berikut ulasan apa saja yang harus dan tidak harus anda lakukan, jika menemui kasus sebuah handphone kemasukan air.

kesalahan dalam mengatasi handphone kemasukan air

Perlu kita ketahui sebuah handphone baik dengan tipe lawas maupun tipe anyar, pasti menggunakan komponen elektronik di dalamnya. Komponen tersebut saling berhubungan satu dengan lainnya melalui rangkaian Papan Circuit Board atau PCB, yang dialiri listrik oleh sumber tenaga baterai.

Jika sebuah handphone kemasukan air, tentu menjadi sangat bermasalah jika air sudah masuk ke dalam komponen elektronik dalam ponsel, nah untuk itu hindari 3 kesalahan berikut ini agar ponsel anda bisa digunakan kembali.

3 kesalahan fatal mengatasi handphone kemasukan air


1. Lupa mematikan handphone 
Kesalahan pertama yang sering dilakukan para pengguna handphone adalah lupa mematikan tombol power langsung ketika perangkat handphone kemasukan air.

Ketika handphone anda tercebur air ataupun hanya terkena cipratan air hujan atau air apapun, lakukan langkah pencegahan dengan langsung mematikan tombol power handphone android saat itu juga.

Hal ini berguna untuk mematikan aliran listrik yang mengalir melalui papan PCB, sehingga kecil kemungkinan terjadi korsleting.

2. Lupa mencabut baterai handphone 
Kesalahan kedua adalah lupa dalam mencabut baterai handphone. Hal ini sangat fatal, karena baterai handphone masih memiliki arus listrik walaupun dalam keadaan handphone mati.

Jika handphone kemasukan air dengan kondisi tercebur, jadi bisa dan dapat dipastikan air masuk melalui celah pada casing hingga mencapai perangkat elektronik yang ada didalam handphone.

Langkah pencegahan, sebaiknya anda harus melakukan cabut baterai dan keringkan dengan lap. Jika tipe baterai anda non removable, matikan tombol power dan buka casing serta baterai nya menggunakan obeng.

3. Pengeringan yang asal asalan
Kesalahan ketiga adalah dari segi penanganan handphone itu sendiri. Biasanya para pengguna handphone android yang kemasukan air atau tercebur, hanya melakukan pengeringan bagian luar saja menggunakan kipas angin atau dijemur, tanpa mengecek seberapa banyak dan dalam air masuk ke perangkat handphone.

Hal ini bisa berbahaya karena air mungkin saja sudah masuk kedalam komponen elektronik, sehingga besar kemungkinan pengeringan yang dilakukan belum berhasil secara maksimal.

Langkah penanganan sebaiknya buka penutup casing belakang, lalu cek apakah ada air atau tidak. Jika ternyata ada air, lakukan pengeringan secara maksimal dengan menggunakan lap kering dan pengering rambut.


Itulah 3 kesalahan fatal dalam mengatasi handphone kemasukan air yang sering dilakukan para pengguna handphone android. Jika anda termasuk kategori diatas, maka segera ubah mindset anda dan lakukan tindakan yang diperlukan dalam mengatasi handphone kemasukan air. Semoga bisa bermanfaat.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Hindari 3 Kesalahan Fatal Dalam Mengatasi Handphone Kemasukan Air"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia