Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Mengenal Ciri-ciri Ban Motor yang Sudah Tidak Layak Jalan

Ciri-ciri ban motor yang tidak layak jalan - Memiliki kendaraan seperti motor, harus mengetahui apa saja yang menjadi syarat wajib berkendara yang bisa membuat kita merasa aman. Sebab jika tidak, tentu anda akan menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Seperti ulasan kali ini, yang membahas tentang ban motor tidak layak jalan. Bagaimana ciri-ciri nya, simak ulasan berikut.

ciri ban motor tidak layak jalan

Ban, merupakan bagian penting dari sebuah sepeda motor, baik model lama maupun model terbaru. Dengan benda yang bulat dan bisa berputar ini, sebuah kendaraan bisa melaju dengan kencang di jalan raya. Coba anda bayangkan, jika ban motor mengalami kendala seperti kempes, pasti akan menyebabkan perjalanan anda terganggu.

Oleh sebab penting nya ban, maka banyak produsen ban membuat ban dengan model serta ukuran yang bisa disesuaikan dengan kendaraan dan jalan tertentu.

Mengetahui ciri-ciri ban yang tidak layak jalan, sangat penting agar anda tidak direpotkan dengan masalah saat sedang berkendara. Apalagi jika anda melakukan perjalanan jauh, pastinya tidak ingin ban tiba-tiba saja bermasalah. Untuk itu, ada baiknya simak ulasan berikut.

Ciri-ciri ban motor yang tidak layak jalan

  • Ban mengalami retak di samping
  • Kembang ban sudah habis/botak

1. Ban mengalami retak di samping
Jika anda melihat ban kendaraan bermotor anda retak di samping, jangan dibiarkan berlarut-larut. Sebab, akan menimbulkan kendala ketika ban mengalami pemuaian ketika panas.

Usahakan mengganti ban tersebut dengan yang baru, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Penyeban ban mengalami retak samping, karena ban sering dalam kondisi kempis dan dibiarkan. Ban yang kempis akan membuat karet menjadi lentur, lalu ketika terkena panas selama beberapa bulan, akan terjadi retak.

Cara mudah mengatasi ban retak samping, adalah dengan mengoleskan semir ban secara berkala. Hal ini agar ban tetap dalam kondisi seperti sedia kala.

Selain itu, menjaga tekanan udara pada ban juga sangat mempengaruhi keretakan pada samping ban. Untuk itu baca tips dalam mengetahui tekanan udara ban ideal untuk kendaraan anda berikut ini cara merawat ban mobil dan motor serta setelan tekanan udara ban yang ideal


2. Kembang ban sudah habis/botak
Ciri-ciri ban yang satu ini, sangat mudah dikenali jika anda termasuk orang yang teliti. Kembang ban, merupakan cara agar ban bisa mencengkeram jalan dengan baik walaupun dalam kondisi basah.

Semakin banyak kembang pada sebuah ban, akan membuat ban bisa bekerja dengan optimal, sehingga anda tidak perlu khawatir akan tergelincir ketika berkendara.

Jika kendaraan anda, baik mobil atau motor sudah habis/botak, sebaiknya ganti dengan yang baru, agar perjalanan anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, bila masih belum mau mengganti ban dengan kembang botak, sebaiknya jalankan kendaraan bermotor anda dengan pelan.

Itulah beberapa ciri-ciri ban kendaraan bermotor yang tidak layak jalan, semoga bisa bermanfaat.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Mengenal Ciri-ciri Ban Motor yang Sudah Tidak Layak Jalan"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia