Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

5 Cara Merawat Harian Jalak Suren yang Mudah

Cara merawat harian burung jalak suren - Jalak suren termasuk jenis burung ocehan yang banyak peminatnya. Burung ocehan jenis jalak suren, bisa menjadi isian yang sangat bagus untuk jenis burung kontes seperti murai batu karena variasi suara serta tembakan yang nyaring.

Memelihara jalak suren, sebenarnya tidak terlalu sulit karena jenis burung ini mudah untuk dipelihara. Pakan yang mudah dan tidak terlalu pilih-pilih menjadi daya tarik tersendiri burung jalak suren. Selain itu, burung tersebut bisa tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, baik sedang musim hujan maupun musim panas, jalak suren tetap bisa sehat asalkan diperhatikan cara perawatan hariannya.

cara merawat burung jalak suren


Bagi Anda yang hobi burung dan ingin memelihara jalak suren, sebaiknya perhatikan tips dibawah ini agar burung jalak suren bisa dalam kondisi prima setiap saat.


5 Cara merawat burung Jalak suren


1. Menjinakkan Jalak suren
Proses penjinakan jalak suren, harus dilakukan pertama kali ketika Anda ingin memelihara burung tersebut. Apalagi jika jalak suren adalah hasil tangkapan liar, sudah barang tentu belum bisa beradaptasi dengan lingkungan rumahan.

Biasakan gantang burung di pinggir jalan yang banyak dilalui oleh orang agar proses penjinakan bisa cepat. Tapi jangan lupa diperhatikan, jangan sampai saking asyiknya main Hp jadi lupa dengan burung. Alhasil burung bisa hilang di curi orang.

Proses penjinakan biasanya memakan waktu sampai 2 minggu bahkan lebih, namun ada juga yang hanya seminggu sudah jinak.

2. Ukuran kandang Jalak suren
Ukuran kandang/sangkar jalak suren juga harus diperhatikan, hal ini agar membuat burung leluasa bergerak kesana-kemari dan bisa memacu pernafasan agar lebih kuat serta berimbas pada kicau yang panjang.

Standar kandang Jalak suren bisa menggunakan kandang nomor 1 dan minimal kandang nomor 2, mengingat burung tersebut juga agak besar.

3. Pakan Jalak suren
Masalah pakan, jalak suren terbilang mudah dan tidak pilih-pilih. Namun Anda juga harus memperhatikan kualitas serta kandungan gizi pakan, agar burung tetap bugar dan sehat.

Berikan voer burung dengan protein 18, atau jika Anda tidak mau repot cukup berikan voer ayam atau lele yang banyak dijual.

Extra food (EF) bisa diberikan untuk variasi pakan agat tidak bosan seperti kroto, jangkrik, cacing, biji-bijian dan buah-buahan.

4. Mandi dan jemur
Setiap burung ocehan, memerlukan mandi dan jemur agar bisa tetap sehat serta cepat gacor. Begitu juga Jalak suren, mandi dan jemur mutlak dilakukan setiap hari agar tampilan burung tetap cantik dan sehat.

5. Pembersihan kandang
Kalau yang satu ini wajib dilakukan para hobi burung, agar si cantik Jalak suren tetap sehat. Bersihkan kandang maksimal 3 hari sekali dan paling bagus 2 hari sekali, agar kebersihan kandang tetap terjaga. Ganti air minum setiap 2 hari sekali, agar tidak dijangkiti oleh nyamuk.

Baca juga: Cara perawatan sederhana burung Murai

Dari ke 5 cara perawatan harian Jalak suren diatas, Anda akan merasakan perbedaan yang bagus jika sudah mencapai 3 bulan bahkan kurang.

Sekali lagi admin tegas kan bahwa burung kicau Anda mewakili diri Anda dalam hal perawatan. Jika di rawat dengan baik, pasti hasilnya akan terlihat.

Semoga ulasan tentang cara perawatan harian Jalak suren bisa bermanfaat, silahkan di coba gan.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "5 Cara Merawat Harian Jalak Suren yang Mudah"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia