Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

5 Cara Mempercepat Mabung Cucak Ijo dengan Cepat dan Alami

Mempercepat proses Cucak ijo mabung - Cucak ijo, pasti akan melalui proses copot bulu, untuk memasuki tahap dewasa. Biasanya para hobi burung, menamakan proses tersebut dengan nama mabung. Burung Cucak ijo yang sudah selesai masa mabung, umumnya akan mengeluarkan bulu hitam di bagian leher atau dalam istilah burung ocehan adalah bulu trotol hitam.

Tidak semua Cucak ijo yang mabung, melalui proses tersebut dengan cepat, dan kadang-kadang sampai waktu lama baru bisa selesai mabung.

Cara mempercepat Cucak ijo mabung

Bagi Anda pemilik Cucak ijo mabung dan ingin cepat prosesnya, bisa mengikuti tips dibawah ini.

Cara mempercepat proses mabung Cucak ijo


1. Berikan perawatan kerodong

Membatasi area pandang burung dengan cara mengkerodong sangkar, bisa membuat proses Cucak ijo mabung semakim cepat. Sebab area sangkar yang terbatas dan udara lembab, membuat pori-pori bulu semakin terbuka lebar.

2. Mandi dan bersihkan kandang seminggu sekali

Jangan sekali-kali memandikan Cucak ijo mabung setiap hari, sebab bukan tambah cepat selesai malah bisa membuat burung semakin lama proses mabung nya.

Membersihkan kandang seminggu sekali juga bisa membantu merontokkan bulu secara alami, karena sangkar yang lembab karena di kerodong akan menambah proses rontok bulu dengan cepat.

Setelah selesai kandang dibersihkan dan burung dimandikan, gantang sebentar untuk diangin-anginkan dan jangan dijemur, kemudian kerodong lagi.

Baca juga: 9 cara menurunkan cucak ijo over birahi dengan cepat

3. Gantang di tempat sunyi

Membiarkan burung Cucak ijo sendiri pada saat mabung, akan membuat proses tersebut cepat selesai. Jika ada burung ocehan sejenis, akan membuat saut menyaut antara Cucak ijo dan burung lain, sehingga bisa menyebabkan mandek bunyi.

4. Berikan pakan extra (EF)

Proses rontok bulu Cucak ijo, memerlukan tenaga yang tidak sedikit. Jadi berikan makanan extra yang lebih agar burung tetap sehat dan kuat.

Pakan extra bisa berupa kroto, jangkrik bahkan ulat hongkong. Berikan lebih dari settingan harian Anda, agar Cucak ijo mabung bisa cepat selesai.

5. Hindari penjemuran sinar matahari

Cucak ijo mabung sebaiknya tidak boleh dijemur seperti pada poin 2, sebab sinar matahari akan membuat pori-pori yang terbuka menjadi rapat kembali.

Selain itu, besar kemungkinan proses mabung akan gagal karena bulu muda bisa menjadi keriting karena panas.


Dari tips mempercepat proses mabung Cucak ijo diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa proses rontok bulu yang terjadi setiap tahun, bisa dipercepat dengan perawatan yang tepat. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan perawatan diatas agar mabung bisa cepat dan Cucak ijo bisa semakin dewasa dan timbul trotol hitam.

Semoga ulasan tentang cara mempercepat proses mabung Cucak ijo bisa bermanfaat, khususnya bagi para hobi burung.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "5 Cara Mempercepat Mabung Cucak Ijo dengan Cepat dan Alami"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia