Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Cara Mengeluarkan Trotol Hitam Cucak Ijo secara Alami

Cara mengeluarkan trotol hitam Cucak ijo - Memiliki burung Cucak ijo yang sama sekali belum keluar trotolan hitamnya, perlu dilakukan perawatan khusus agar bulu hitam yang menyerupai totol di bagian leher, cepat keluar. 

Sebagian hobi burung pasti mengira bahwa trotol Cucak ijo akan keluar dengan sendirinya, hal tersebut benar juga, tapi kadang kala butuh waktu yang tidak sebentar.

Burung Cucak ijo yang masih memiliki bulu kuning di bagian leher, menandakan burung tersebut masih muda dan belum ketahuan jenis kelaminnya.

cara mengeluarkan trotol hitam Cucak ijo

Memang, dalam mengetahui jenis kelamin Cucak ijo, para pecinta burung ocehan menandakan dengan trotoloan hitam di bagian leher.

Walaupun Cucak ijo berjenis kelamin betina, suara kicau juga sangat merdu dan hampir sama dengan jenis kelamin jantan. Oleh karena itulah, sulit membedakan Cucak ijo jantan dan betina, kecuali dengan trotoloan hitam di bagian leher. Jika burung cucak ijo memilikinya, sudah dapat dipastikan burung tersebut berjenis kelamin jantan.

Bagi Anda yang memelihara burung Cucak ijo dan ingin mengeluarkan bulu trotol hitam di bagian leher, bisa mengikuti tips dibawah ini.

Cara mengeluarkan trotol hitam cucak ijo


1. Beri pakan jangkrik

Memberi pakan berupa jangkrik untuk Cucak ijo yang masih muda, akan memberikan kandungan protein yang berlimpah. Berikan jangkrik sesuai settingan harian, agar burung cepat dewasa dan bisa tumbuh trotol hitam di bagian leher.

2. Beri pakan buah

Burung Cucak ijo muda, harus sering di beri buah-buahan agar mendapatkan nutrisi yang cukup. Untuk menghindari rasa bosan, berikan buah-buahan yang berbeda. Hal ini juga akan memberikan nutrisi yang bagus, karena setiap buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda.

Buah-buahan yang sangat bagus untuk Cucak ijo muda adalah buah sawo, pisang dan apel merah.

3. Beri pakan ulat hongkong

Ulat hongkong, mengandung banyak protein yang bagus untuk Cucak ijo muda. Selain itu ulat hongkong bisa membuat hangat badan, jadi secara otomatis burung akam mabung ( pergantian bulu ).

Jika Cucak ijo muda sudah mabung, proses bulu trotol hitam akan segara keluar. Jadi pastikan Cucak ijo mabung secara alami dan jangan di cabut bulu nya.

Tapi, jika cucak ijo ternyata sedang birahi, bisa simak tips berikut ini. 9 cara cepat menurunkan cucak ijo over birahi

4. Beri pakan kroto

Kroto atau telur semut rangrang, sangat bagus untuk setiap burung ocehan. Berikan kroto minimal 1 minggu sekali agar burung tetap sehat dan berkicau dengan merdu.

5. Mandi dan jemur

Seperti layaknya burung ocehan jenis lain, Cucak ijo muda juga butuh dimandikan dan di jemur sinar matahari. Tentu saja tujuannya agar burung menjadi sehat dan lincah.


Dengan mengikuti 5 tips cara mengeluarkan trotol hitam Cucak ijo diatas, Anda akan melihat burung semakin cepat berproses menjadi tua. Jika trotol hitam sudah muncul, maka sudah dapat dipastikan Cucak ijo berjenis kelamin jantan.

Menurut para pemain burung Cucak ijo, jika satu trotol hitam yang muncul, harga jual burung sudah mencapai 1 juta rupiah. Gak percaya, silahkan cek di toko burung serta komunitas jual beli burung ocehan di tempat Anda tinggal.

Itulah ulasan singkat tentang cara mengeluarkan trotol hitam Cucak ijo dengan alami, semoga bisa menambah wawasan para hobi burung dan bermanfaat.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Mengeluarkan Trotol Hitam Cucak Ijo secara Alami"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia