Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Info Lengkap Cara Membuat Akte Kelahiran Orang Dewasa Tanpa Surat Nikah Orangtua

Cara membuat akte kelahiran orang dewasa tanpa surat nikah dan surat kelahiran - Memiliki akte kelahiran bagi setiap anggota keluarga, sangat penting untuk diperlukan sebagai syarat dalam mengurus berbagai dokumen penting seperti pasport. Tapi, bagaimana jika orang dewasa ingin membuat akte kelahiran, namun tidak memiliki surat nikah orang tua? Untuk masalah tersebut, berikut admin bagikan tips lengkap dalam mengurus nya.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa akte kelahiran harus dimiliki setiap orang agar bisa tercatat di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (DisDukCaPil). Dalam membuatnya, pemerintah mempermudah setiap warga untuk membuat akte kelahiran anak baru lahir dan begitu juga orang dewasa.

Cara membuat akte kelahiran orang dewasa tanpa surat nikah orang tua

Manfaat akte kelahiran untuk mengurus dokumen penting

Akte kelahiran diperlukan bagi orang dewasa yang ingin membuat paspor untuk bisa berpergian ke luar negeri seperti liburan, umroh, berobat dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan Haji, apakah harus mengurus akte kelahiran juga?

Berbeda dengan umroh yang mana harus mengurus paspor sendiri, bepergian ke luar negeri dalam ibadah Haji, proses mengurus paspor sudah diwakilkan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag). Jadi, calon jamaah haji tinggal duduk manis dan memenuhi syarat-syarat dokumen dan tanpa adanya akte kelahiran paspor pasti jadi.

Lain halnya dengan umroh atau lain sebagainya, mengurus paspor wajib menyertakan akte kelahiran dan tentu Anda harus memiliki akte kelahiran terlebih dahulu jika belum punya.

Syarat utama dalam membuat akte kelahiran adalah surat kelahiran dari Rumah Sakit atau Klinik Bersalin dan surat nikah orang tua,  tapi bagaimana jika tidak memiliki salah satu syarat tersebut atau bahkan keduanya? Jangan khawatir Anda masih bisa membuat akte kelahiran, asalkan serius ingin membuatnya dengan mengikuti tips lengkap dibawah ini.

Cara membuat akte kelahiran orang dewasa tanpa surat nikah dan surat kelahiran


Dokumen yang dibutuhkan:
  • Surat pengantar dari RT dan RW
  • Foto kopi Kartu Keluarga (KK) yang bersangkutan
  • Foto kopi KTP yang bersangkutan
  • Foto kopi KTP dari 2 orang saksi (tidak boleh anak atau orang tua )
  • Materai 6000 2 buah

Langkah yang harus ditempuh:
  • Setelah menyiapkan semua dokumen yang tertera diatas, silahkan menuju ke kelurahan setempat
  • Pada layanan terpadu satu pintu, utarakan maksud dan tujuan Anda
  • Kemudian Anda akan di beri formulir akte kelahiran dan harap di isi dengan benar sesuai dokumen yang di bawa
  • Dalam formulir saksi, harap dibubuhkan tanda tangan saksi
  • Dalam formulir anak seorang ibu dan surat pernyataan kelahiran, harap di isi dengan benar
  • Setelah selesai mengisi semua formulir dan menyertakan dokumen  syarat-syarat yang diperlukan, nanti akan diverifikasi oleh petugas, jika sudah benar akan dibuatkan resi untuk mengambil Surat Pernyataan Lahir (SPL)
  • Setelah keluar SPL, Anda tinggal menunggu akte kelahiran di cetak di kelurahan atau membawa ke dinas catatan sipil untuk di cetak disana
  • Perbedaan waktu cetak akte kelahiran di kelurahan 1-3 bulan, sedang kan di Dinas Catatan Sipil hanya 1-2 minggu

Setelah selesai proses diatas, akan keluar akte kelahiran pemohon, namun jika tidak memakai surat nikah orang tua hanya terdapat nama ibu di akte kelahiran dan tidak dicantumkan nama bapak.

Bagaimana masih bingung proses dan cara membuat akte kelahiran orang dewasa tanpa surat kelahiran dan surat nikah orang tua, silahkan berikan komentar dibawah dan secepatnya akan admin balas.
Advertisement
Share this article :
+
46 Komentar untuk "Info Lengkap Cara Membuat Akte Kelahiran Orang Dewasa Tanpa Surat Nikah Orangtua"

Alhamdulillah, sepertinya dipermudah, maaf apakah pengurusannya harus hadir sendiri/boleh diwakilkan, dengan alasan sdh tua dan yang menguruskan anaknya. Terimakasih

Alhamdulillah, kalau dipermudah. Masalah kepengurusan, walaupun anak sendiri yang mengurus tetap harus menggunakan surat kuasa yang dibubuhi materai 6000. Semoga bisa tambah membantu dalam mengurus akte kelahiran ibu mba.

Tidak perlu Presta Simamora, ijazah hanya untuk memastikan nama sesuai dengan Akte dan untuk pengambilan saja di Dukcapil. Tapi, jika di Kartu Keluarga si pembuat tidak mencantumkan sekolah SMA/ sederajat, tidak di tanya ijazah.

Kalau mau aman sih, cetak saja di kelurahan setempat tinggal menunggu sedikit lama seperti penjelasan diatas. Semoga bisa membantu.

Apakah saksi bisa saudara sekandung (kakak) ??

Tentu saja boleh, asal kakak mba Caesa Azahra sudah punya kartu keluarga sendiri.

Tapi agar memperlancar proses pembuatan akte kelahiran agar lebih cepat, gunakan saja saksi seperti paman, bibi, atau kakak ipar.

Terimakasih atas kunjungannya. Semoga membantu

Saya Tidak ada Akte Kelahiran dan sarat2 nya apa ya om soalnya bayi lahir di bidan beranak dan tidak ada KTP sama sekali ,, tapi Nama panggilan dari Kecil udah ada seperti Daven gitu om

Syarat utama nya pemohon yang mau membuat akte harus mempunyai KTP dulu, baru menyusul syarat-syarat lain seperti yang admin sebutkan diatas.

Karena KTP wajib dimiliki, jika tidak punya, maka tidak bisa membuat akte kelahiran.

Semoga bisa membantu😁

Sangat membantu, karena saya ini membuat akte kelahiran. Kira-kira berapa biaya pembuatan akte dewasa ya. Terima kasih

Terimakasih sudah berkunjung ukhti suratin.

Masalah biaya pembuatan akte kelahiran dewasa, sebenarnya gratis dan tidak di pungut biaya apapun.

Tapi yang harus mengeluarkan biaya dari segi syarat-syarat dokumen saja, seperti foto kopi dan materai.

Untuk rinciannya sudah admin tulis lengkap di postingan lain disini http://www.goresaninformasi.com/2018/01/biaya-pembuatan-akte-kelahiran-dewasa.html

Semoga bisa membantu 😁

Sy umur 24 tahun akta lahir sy hilang setelah orang tua sy cerai dan sy baru mau mengurus nya persyaratan nya ap saja yg harus sy siapkan..

Terimakasih sudah berkunjung.

Untuk persyaratan pembuatan akte kelahiran tanpa surat nikah orangtua, adalah sebagai berikut.

1. Surat pengantar dari RT dan RW
2. Foto kopi KTP dan KK
3. Foto kopi KTP saksi 2 orang
4. Surat pernyataan lahir dari rumah sakit atau kelurahan
5. Surat pernyataan anak seorang ibu
6. Materai 6000 kurang lebih 4 buah

Untuk poin 4 dan 5 formulirnya bisa diperoleh di kelurahan setempat.

Jika sesuai cerita mas, sudah punya akte kelahiran namun hilang, bisa di urus kembali asalkan memiliki salinan atau foto kopinya.

Caranya bisa langsung menuju ke Dukcapil setempat dan tunjukan foto kopi akte serta surat kehilangan dari kepolisian.

Semoga bisa membantu 😁

Kalo mau ganti nama di akta apa ajah syaratnya ya? Umur sudah 20an. Nama ditiap kartu identitas berbeda semua, mau disamakan sesuai ijazah.

Terimakasih sudah berkunjung Mba Devita Ulfasari.

Untuk membetulkan nama di akte kelahiran, banyak sekali syarat dokumen yang diperlukan seperti di bawah ini.

1. Surat pengantar RT dan RW
2. Surat keterangan dari kelurahan setempat
3. Surat permohonan pembetulan nama
4. Foto kopi KTP dengan dibubuhi materai 6000 dan stempel pos
5. Foto kopi Kartu Keluarga/KK dengan dibubuhi materai 6000 dan stempel pos
6. Foto kopi ijazah yang dimiliki dengan dibubuhi materai 6000 dan stempel pos
7. Foto kopi akte kelahiran dengan dibubuhi materai 6000 dan stempel pos
7. Foto kopi KTP dua orang saksi dari pihak keluarga
8. 1 buah CD yang berisi surat permohonan pembetulan nama

Pembetulan nama mengikuti ijazah SD, karena yang paling tua/lama dokumen nya.

Untuk cara lemgkapnya sudah saya posting di artikel berbeda mba Devita.

Saran saya sih, pertama samakan ijazah SD dengan KTP dulu. Baru kemudian akte kelahiran di buat baru saja, karena lebih mudah dan cepat proses nya.

Tapi kalau tetap ingin membetulkan nama di akte kelahiran, harus sabar mengikuti prosesnya.

Semoga bisa membantu 😁

Mohon bantuanya bu anak sy lahir di malaysia sekarang belum punya akte umur 4 tahun kami tidak punya surat nikah kami sudah pulang ke indonesia yg sy tanyakan apakah sy bisa membuat kan akta anak sy di indonesia surat kelahiran dari rumah sakit malaysia ada tolong jelaskan dan klau bisa apa persyaratanya

Terimakasih sudah berkunjung mas Adman.

Sebenarnya akte kelahiran harus dibuat di negara tempat anak lahir yaitu di Malaysia. Tapi berhubung mas sudah kembali ke Indonesia, jadi susah mengurusnya.

Menurut admin, lebih baik buat surat kelahiran dari RS Malaysia tidak usah digunakan, lalu buat akte kelahiran di Desa Anda.

Syarat-syarat dokumen:
1. Pengantar RT dan RW
2. Foto kopi KTP orangtua
3. Foto kopi KK
4. Foto kopi KTP saksi 2 orang
5. Materai 6 buah

Jika sudah memiliki syarat diatas, langsung menuju kelurahan setempat dan minta untuk dibuatkan akte kelahiran anak.

Nanti akan di kasih formulir dan diantaranya adalah:
1. Formulir surat pernyataan kelahiran
2. Formulir anak seorang ibu

Dengan 2 formulir diatas, mas akan bisa membuat akte kelahiran untuk anak, tapi tempat kelahiran bukan di malaysia melainkan di desa anda.

Tapi jika tetap ingin mencantumkan tempat kelahiran di Malaysia, harus membuat akte di negara tersebut lalu minta catatan di KBRI malaysia baru bisa digunakan di Indonesia.

Lebih baik cari yang mudah jangan yang sulit, yang penting anak mas bisa memiliki ante kelahiran dan bisa mendaftar sekolah.

Apabila masih kurang jelas, silahkan bertanya lebih lanjut. Kalau admin bisa, akan dibantu sampai jelas.

Semoga bisa membantu πŸ˜€

Terimakasih bu penjelasananya tp agak bingung apakah selain surat pengantar dari rt.rw sy juga minta keterangan dari kepaladesa

tidak usah mas, langsung menuju kelurahan saja. Nanti di kelurahan bilang mau buat akte kelahiran anak dan tidak punya surat kelahiran rumah sakit.

Pasti orang kelurahan mengerti, nanti di kasih formulir untuk di isi dan jangan lupa bawa foto kopi 2 orang saksi.πŸ˜€

Saya menikah d bawah tangan,nah sekarng sudah d beri 2 anak,,tp blom ada akta nikah,,caranya apakah sama??

Terimakasih sudah berkunjung mas Iwan Wijayanto.

Terkait pertanyaan mas, akte kelahiran tetap bisa dilaporkan dan di buat dengan syarat-syarat yang tertera diatas.

Untuk lebih jelas akan saya uraikan dibawah ini.

Syarat dokumen:
1. Foto kopi ibu anak
2. Surat kelahiran dari Rumah Sakit/Bidan/Klinik
3. Foto kopi ktp saksi 2 orang beserta tandatangan nya
4. Kutipan nikah dari penghulu (nikah siri)
5. Foto kopi KK jika ada

Kesemua dokumen di bawa ke kelurahan setempat dan akan di proses.

Nb: harap menyediakan materai 6000 2 buah untuk jaga-jaga jika diperlukan.

Semoga bisa membantu πŸ˜€

Pak mau tanya,
Saya mau bikin paspor, tapi tidak punya akte kelahiran (hanya ada Surat Kelahiran saja)dan tidak punya Surat Nikah orang tua,
saat ini saya sudah berdomisili di tempat berbeda dengan tempat lahir,
mohon penjelasan, mengingat dalam waktu dekat mau digunakan paspornya

Terimakasih sudah berkunjung mba Nasriah Iyut.

Salah satu syarat membuat akte kelahiran memang surat nikah orang tua, tapi jika tidak punya tetap bisa membuat akte kelahiran.

Syarat dokumen yang diperlukan.
1. Surat pengantar Rt dan Rw
2. Foto kopi KTP dan KK
3. Materai 2 buah
4. Surat keterangan anak seorang ibu
5. Foto kopi KTP saksi 2 orang

Nanti prosesnya dikelurahan dan setahu saya sudah online jadi bisa walaupun beda tempat kelahiran.

Untuk surat keterangan anak seorang ibu, akan di dapat dikelurahan bersama formulir pengajuan akte kelahiran.

Semoga bisa membantu πŸ˜€πŸ˜€

Assalamualaikum wr wb.
Mhn pencerahannya,
Sy saat ini dlm keadaan yg agak bingung, sy mau membuat paspor untuk keperluan umroh dlm waktu dekat di thn ini .
Tapi sy tdk memiliki dokumen yg bs dijadikan rujukan secara otentik.
Sy ingin membuat akte kelahiran untuk keperluan membuat paspor tsb tapi ijasah sy SD sampai SMA telah hilang sejak 24 thn y.l.
Sy lahir dan besar dikota surabaya hingga lulus SMA.
Sejak lulus SMA sy merantau dan akhirnya resmi jd warga yg ber KK dan KTP Bandung .Kedua org tua saya sdh meninggal dunia.
Apa yang harus sy lakukan ...? Mhn bantuan informasinya.
Atas kebaikannya diucapkan terimakasih .
Wassalamualaikum wr wb.

Wa'alaikum salam wr.wb dan terimakasih sudah berkunjung mas Joko Satrio.

Untuk proses pembuatan akte kelahiran untuk membuat paspor umroh, tetap bisa dilakukan. Asalkan syarat dokumen terpenuhi.

Berikut syarat dokumen yang harus disiapkan.

1. Foto kopi KTP dan KK
2. Surat pengantar dari RT dan RW sesuai domisili
3. Foto kopi KTP 2 orang saksi
4. Materai 6000 siapkan saja 4 buah
5. Foto kopi dan asli surat tanda berangkat umroh/kuitansi pembayaran umroh/dokumen yang menunjukan bahwa mas akan umroh

Caranya sebagai berikut:
1. Siapkan semua dokumen dan foto kopi rangkap 2-3
2. Menuju Kelurahan setempat
3. Minta formulir pembuatan akte kelahiran, isi data diri, saksi, dan nama orangtua
4. Pada form surat keterangan anak seorang ibu dan surat keterangan lahir, isi data yang sesuai dan bubuhi materai
5. Menunggu resi

Itu saja proses pembuatan akte kelahiran mas Joko Satrio, ketika mas beritahu petugas bahwa akte kelahiran untuk keperluan umroh, maka dengan cepat proses akan segera dilakukan. Karena pembuatan akte menyasar untuk anak lahir, anak usia sekolah dan keperluan umroh.

Semoga bisa membantu πŸ˜€πŸ˜€

Gimanah kalo ibu saya meninggal. Tolong jawabanya

Terimakasih sudah berkunjung mba Purwanti.

Kalau ibu mba sudah meninggal dunia, harus menyertakan surat kematian dari Kelurahan setempat dan Jadikan satu dengan syarat dokumen lainnya.

Tanpa adanya surat kematian, akte kelahiran tidak bisa di proses karena salah satu syarat dokumen yaitu kutipan surat nikah orangtua sudah tidak ada.

Semoga bisa membantu πŸ˜€

Umur saya 29th dan saya mau membuat akta kelahiran, kedala saya yaitu surat nikah orang tua tidak ada,saya ngikut kk sama orang lain, saya tinggal beda domisili sama ortu, nama diKTP saya ada kurang 1 huruf. Bagaimana cara pengurusannya ?
Jika KTP diperbaiki dulu tapi selesainya lama bisa gak buat surat pernyataan nama sebenarnya dulu untuk membuat akta lahir ?
Terimakasih,....

Kak mw Tanya
Sy mw buat paspor tp tidak ada akte kelahiran dan tdk ada surat nikah org tua
Itu gimana ya kak ����

Terimakasih sudah berkunjung.

Ya harus dibuat akte kelahiran dik Tama Rustam.

Caranya tinggal lihat postingan diatas.

Semoga bisa membantu πŸ˜€

Terimakasih sudah berkunjung.

Harus diselesaikan dulu perubahan nama di KTP, agar tidak repot.

Jika mau membuat surat pernyataan, bisa saja. Tapi harua disertakan dokumen pendukung, seperti ijazah SD yang namanya tidak kurang satu huruf.

Masalah surat nikah orangtua, bisa diganti dengan dokumen lain seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan diatas.

Semoga bisa membantu πŸ˜€

Mas, terima kasih informasinya sangat membantu sekali..
mau tanya untuk KK?
saya udah berkeluarga dan punya KK sendiri sebagai kepala keluarga.
KK yang dilampirkan, apakah boleh menggunakan KK saya yang sebagai kepala keluarga?

demikian, terima kasih

Jika yang ingin membuat akte kelahiran adalah mas Iwang Sutisna, ya harus pakai KK sendiri.

Dengan catatan, nama serta alamat sesuai KTP.

Biasanya setelah berkeluarga, memang seharusnya pisah KK dan KK asal diperbarui agar tidak terjadi NIK ganda.

Senang bisa membantu πŸ˜€πŸ˜€

Mimin saya mau tanya, umur saya 22th saya belom punya akte, yang saya punya skrng surat kelahiran yg dikeluarkan dari kecamatan. Saya mau buat akte tetapi buku nikah ortu gk ada. Alasanya karna kluarga saya ada masalah. Udh 10th ayh saya gk ad kabar dan tdk prnh pulang. Dan ibu saya 5th yg lalu mnikah lgi. Dari msalah tsb saya memutuskan untuk meratau dan pisah orng tua, dan skrng saya sudah berdomisili di daerah lain saya pnya ktp dan kk atas nama saya sendiri, saya blom menikah. Jdi saya udah lama putus hubungan dgn orng tua. Dengan masalah tsb apa saya masi bisa berksempatan untuk membuat akte min? Agar saya selalu dipermudah untuk kedepan masalah pernikahan ato masalah yg lain".
Mohon bantu saya min agar saya bisa keluar dari masalah ini. Terima kasih

Terimakasih sudah berkunjung.

Bisa saja mas Abdul Ghofur, asalkan ada fotokopi KTP ibu. Minta foto KTP ibu lewat WhatsApp lalu cetak.

Untuk syarat yang lain, sebagai berikut:

1. Surat pengantar RT dan RW
2. Foto kopi KTP dan KK
3. Surat keterangan lahir
4. Surat pernyataan anak seorang ibu
5. Foto kopi KTP 2 orang saksi
6. Materai 6000 4 buah


Caranya sebagai berikut:

1. Datang ke Kelurahan tempat KTP dan KK diterbitkan, kemudian urarakan maksud tujuan pada petugas.
2. Setelah di kasih formulir permohonan akte kelahiran, isi semua sesuai data diri.
3. Pada formulir surat pernyataan anak seorang ibu, isi dengan data ibu dan lampiri foto kopi KTP serta bubuhi materai
4. Untuk KTP 2 orang saksi, gunakan saja ktp teman atau saudara
5. Serahkan berkas syarat dokumen yang telah di isi kepada petugas dan tunggu resi
6. Aetelah resi diberikan, kembali lagi pada tanggal yang tertera untuk menerima SPL kemudia tinggal cetak

Nb: surat keterangan anak seorang ibu, sudah tersedia di Kelurahan tinggal di isi saja.

Semoga bisa membantu πŸ˜€

mimin saya mau mengurus akte lahir anak saya,sementara saya belum punya akte nikah yg saya punya hanya surat pemberkatan dari gereja,dan sementara saya mau mengurus akte lahir saya harus ada akte nikah orang tua saya,yg saya mau tanya jaman orang tua saya nikah kan ggk ada akte nikah

Mimin aku mau brtanya, apakah tidak masalah soal marga bapak dan ibu saya tidak di cantumkan di kk yg baru (sdah brsma suami) cuma nama orangtua sja tdak memakai marganya, dan pendidikan saya seharusnya s1 tpi di kk SMA, Apakah tidak bermasalah atau haruskah di rubah? Terimakasih

Terimakasih sudah berkunjung.

Maaf sebelumnya, setahu saya akte nikah sudah ada sejak dulu hanya saja tidak semua orang yang menikah mau mengurusnya.

Jika Om Marruli sihombing ingin membuat akte kelahiran buat diri sendiri, bisa saja tanpa akte nikah orangtua. Syarat lengkapnya sudah admin posting diatas, nanti di akte kelahiran tanpa akte nikah orangtua akan tercantum nama ibu dan bukan nama bapak.

Semoga bisa membantu πŸ˜€

Terimakasih sudah berkunjung.

Jika Ibu Sarah ingin menambahkan nama marga orangtua di KK, bisa saja. Caranya sama seperti membuat KK pertama kali, namun di surat pengantar RT harus di tulis dengan maksud tujuan menambahkan marga kedua orangtua. Dengan catatan, nama di KTP orangtua harus ada marganya. Jika tidak, rubah dulu nama orangtua.

Masalah pendidikan terakhir yang tercantum di KK, itu tergantung KTP. Dalam artian, apabila di KTP tercantum title S1, maka di KK pasti tercantum S1.

Jika ingin merubahnya, harap datang ke Dukcapil dengan membawa bukti Ijazah S1, kemudian baru bisa cetak KTP di Kelurahan.

Namun jika tidak ingin merubah juga tidak apa-apa. Yang dikhawatirkan ibu akan repot mengurus surat-surat lain, jika KTP sampai berubah dengan menambahkan title S1.

Semoga bisa membantu πŸ˜€

Saya mau bikin akta adek saya tapi mama nya sudah meninggal, buku nikah tidak ada dan di KK juga sudah tidak tercantum nama ibu lagi bagaimana ya min?

Terimakasih sudah berkunjung.

Siapkan syarat-syarat berikut ini:
1. Foto kopi KTP dan KK
2. Surat pengantar RT dan RW
3. Foto kopi KTP saksi 2 orang
4. Foto kopi Surat Kematian Ibu anda
5. Surat keterangan lahir dari Rumah sakit/Klinik

Caranya:
1. Bawa semua syarat ke kelurahan tempat alamat tertera di KTP
2. Minta formulir pengajuan akte kelahiran kepada petugas, lalu isi dengan lengkap
3. Pada bagian surat keterangan anak seorang ibu, isi data diri adik anda yang benar lalu lampirkan surat kematian ibu
4. Jika tidak punya surat keterangan lahir, bisa menggunakan surat pernyataan lahir dari Kelurahan
5. Tunggu proses dan terima resi
6. Datang kembali pada tanggal yang tertera pada resi untuk pencetakan akte kelahiran
7. Selesai

Nb: nama ibu dan ayah di KK sebaiknya di urus dan dicantumkan, agar segala proses surat menyurat menjadi mudah.

Semoga bisa membantu πŸ˜€

Surat nikah org tua sy sdh lama hilang dan tanda lahir sy pun hilang juga.
Jika sy bikin akte kelahiran kira" brapa lama jaraknya yaa?

Terimakasih sudah berkunjung.

Tidak ada jarak alias bisa kapan saja jika membuat akte kelahiran dewasa. Hanya saja, nanti di akte akan tertulis nama ibu dan bukan nama bapak.

Untuk syarat lengkap serta caranya, bisa dilihat dan dipelajari dari postingan diatas.

Semoga bisa membantu πŸ˜€

Terima kasih postingaya sangat bermanfaat
Saya berniat membuat akte kelahiran krna usia sufah dewasa kmrin tanya ke desa katanya banyak syarat&dibilangin kalau gak adamengurus hal yg sangat pnting mending tdk usah buat akte pdhal saya butuh akte utk mengurus hal yg penting,tp setelah membaca postingan ini saya yakin bisa membuat akte

Terima kasih kembali mba sista lyn.

Biasanya pijak kelurahan menyatakan demikian karena yang diutamakan adalah anak baru lahir, anak usia sekolah dan orang yang akan berangkat umroh.

Namun hak warga negara untuk memiliki catatan akte kelahiran sudah diatur oleh undang-undang dan pihak kelurahan tidak bisa menolak jika ada seseorang yang ingin membuatnya.

Senang bisa membantu πŸ˜€

pak, kalau kita di luar kota bisa mengurusnya apak,
seperti saya
ktp langkat saya mau mengurus aktelahir di medan apakakah bisa atau tdak pak,

Terima kasih sudah berkunjung.

Bisa pak Binsar, sekarang sistem pembuatan akte kelahiran sudah online, walaupun KTP tidak sesuai domisili.

Jika pak Binsar ingin lebih tahu lagi, coba datangi Dukcapil terdekat di tempat bapak tinggal, nanti akan si beri arahan lebih lanjut.

Semoga bisa membantu πŸ˜€

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia