Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

4 Tips Mempercepat Proses Burung Murai Dorong Ekor

Tips mempercepat proses murai dorong ekor - Berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi burung Murai Medan yang sedang mengalami proses dorong ekor? Pertanyaan tersebut, sering terlintas oleh pemilik burung ocehan jenis murai yang mengalami copot semua bulu ekor nya.

Memang menunggu proses tumbuh bulu ekor murai atau dalam istilah dorong ekor, terkadang sangat lama dan bisa membuat frustasi pemilik burung, sehingga banyak yang memutuskan menjual atau barter murai dengan burung lain seperti Cucak ijo.

tips membuat murai dorong ekor lebih cepat

Tapi jika Anda mau bersabar sedikit, ternyata proses murai yang sedang menumbuhkan bulu ekornya, bisa di percepat dengan bantuan tips dibawah ini. 

Waktu yang dibutuhkan burung murai dorong ekor


Rata-rata waktu yang dibutuhkan murai untuk menumbuhkan bulu ekor, memang relatif tidak sebentar dan bisa memakan waktu sampai berbulan-bulan. Sebab, proses dorong ekor merupakan proses alami yang harus dilalui oleh setiap burung murai batu medan.

Tapi, proses tersebut bisa dipercepat dengan menggunakan teknik yang sering dipakai oleh banyak anggota klub burung ternama di tanah air seperti BNR. Nah, bagi yang ingin tahu apa saja tips nya, yuk simak lebih lanjut.

Sebelum melangkah menuju tips nya, alangkah baiknya Anda melihat terlebih dahulu, apakah murai yang copot ekor nya sudah mulai nampak bibit bulu ekor. Hal ini agar proses percepatan murai dorong ekor akan semakin bagus dan hasilnya bulu jagoan murai akan terlihat lebih indah.

Jika sudah dipastikan ada bibit bulu ekor murai, baru lah Anda mengikuti tips dibawah ini.

1. Mandikan burung murai

Memandikan burung murai bisa mempengaruhi proses dorong ekor menjadi lebih cepat. Sebab, bulu ekor yang baru tumbuh, akan terus tumbuh jika terkena air. Oleh karena itu, mandi kan murai setiap hari, agar proses dorong ekor bisa lebih cepat.

2. Burung murai jangan di jemur

Setelah dimandikan, murai dorong ekor tidak boleh di jemur langsung sinar matahari. Sebab bila dilakukan proses penjemuran, akan membuat bulu ekor yang baru tumbuh menjadi kriting dan tentu saja tidak bagus di pandang mata.

Angin-anginkan saja murai setelah dimandikan dan jika memang ingin di jemur, cukup sebentar saja kurang lebih 10 menit.

3. Beri pakan bergizi dan ektra food (EF)

Memberi pakan yang kaya akan protein serta mengandung gizi tinggi, akan membantu membuat burung murai lebih cepat menumbuhkan bulu ekornya. Beri lah pakan berupa jangkrik pada pagi hari sebanyak 5 ekor dan sore sebanyak 6 ekor. Namun apabila settingan anda lebih dari 5-6 ekor jangkrik setiap hari, kurangi saja dan lihat hasilnya.

4. Beri pakan kroto

Kroto atau telur semut sangat disukai oleh burung murai karena merupakan pakan alami burung tersebut. Pada murai hutan, kroto sering dijadikan pakan alami, sehingga suara kicauannya lebih kencang dan gacor, ketimbang burung murai peliharaan.

Beri pakan kroto setiap hari, sebelum pakan jangkrik agar murai dorong ekor mendapat protein yang tinggi.


Biasanya jika Anda melakukan tips diatas, dalam waktu kurang lebih 3-4 bulan, bulu ekor akan tumbuh dan terlihat sudah bagus. Walaupun tips diatas terlihat simpel, tapi hasilnya boleh dibuktikan sendiri dan jangan kaget jika murai dorong ekor Anda bisa tumbuh lebih cepat dari estimasi yang disebutkan.

Itulah ulasan tentang 4 tips burung murai agar proses dorong ekor lebih cepat, semoga biss bermanfaat terutama bagi pembaca yang hobi burung murai.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "4 Tips Mempercepat Proses Burung Murai Dorong Ekor"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia