Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Cara Mudah Topup TapCash BNI dengan ATM dan Mesin EDC

Cara TopUp Tapcash - Kartu e-money Bank BNI yang di kenal dengan TapCash, harus di isi ulang jika ingin tetap bisa digunakan untuk transaksi non tunai. Pengisian top-up e-money jenis TapCash, ternyata sangat mudah dan bisa dilakukan dimana saja, asalkan terdapat logo Bank BNI dan mesin tap.

Ulasan kali ini masih berkaitan dengan uang elektronik / e-money BNI yaitu TapCash, bagimana cara isi ulang dan tempat mana saja yang bisa digunakan untuk isi ulang, yuk simak ulasan nya lebih lanjut.

cara topup tapcash dengan atm dan mesin edc

Awalnya admin juga sedikit bingung dengan cara isi ulang TapCash BNI, tapi karena banyak bertanya dan mencoba sendiri, akhirnya bisa juga mengisi e-money, walaupun tidak banyak cuma 100 ribu saja, buat bayar tiket kereta Comuterline.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mencari tempat isi ulang e-money, bisa dengan mendatangi Bank yang mengeluarkan kartu tersebut, atau tempat yang bekerja sama dengan Bank yang menerbitkan kartu. Banyak tempat sudah disediakan dan bekerja sama dengan BNI, karena Bank pemerintah ini sudah ada sejak tahun 1946.

Contoh, Anda pasti melihat mesin ATM BNI ada di berbagai SPBU / pom bensin bukan. Hal ini menandakan bahwa BNI bukan Bank sembarangan, sebab selain aman dari likuiditas, BNI juga dilindungi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tempat mana saja yang menyediakan isi ulang TapCash BNI, berikut adalah daftar lengkapnya.


1. Isi ulang TapCash dengan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BNI

Mesin ATM Bank BNI yang banyak tersebar di mana saja, bisa digunakan untuk isi ulang kartu e-money, asalkan pada mesin tersebut ada logo TapCash. Bagaimana dengan ATM yang tidak ada logo nya, ya sudah pasti tidak bisa. Sebab nanti kartu e-money nya mau di tempel di mana, masa di layar ATM, gak mungkin kan?

Jika sudah menemukan mesin ATM yang terdapat logo TapCash, baru lah mengikuti cara berikut ini.

Cara isi ulang:
  • Masukkan kartu debet / kartu ATM BNI dan jangan kartu yang lain selain yang memiliki logo link bersama dan prima
  • Pilih bahasa yang digunakan dan jangan sekali-kali menggunakan bahasa Inggris, jika tidak mengerti karena bisa bingung sendiri
  • Kemudian masukkan pin dan jangan salah, karena bisa membuat kartu terblokir, bila salah input pin sampai 3 kali
  • Pilih menu BNI TapCash dan lanjutkan dengan meng klik isi ulang
  • Tempelkan kartu pada reader ATM
  • Masukkam nominal yang diinginkan
  • Pilih tabungan sebagai sarana debet
  • Tempelkan kembali kartu TapCash
  • Transaksi isi ulang sukses dilakukan, bila muncul saldo ter update dan struk transaksi keluar dari mesin ATM


2. Isi ulang TapCash dengan Mesin EDC

Cara isi ulang selanjutnya adalah dengan menggunakan mesin EDC ( Electronic Data Capture ). Mesin ini, menggunakan sambungan line telepon sebagai sarana penghubung, serta juga bisa menggunakan simcard.

Biasanya mesin EDC terdapat pada loket pembelian tiket yang ada pada Stasiun Kereta Api, Bandara dan Pelabuhan serta di berbagai gerai merchant yang menggunakan e-money sebagai salah satu sarana pembayaran. Untuk isi ulang khusus TapCash, biasanya ada di kantor cabang Bank BNI dan untuk lebih jelasnya, bisa mengikuti panduan berikut.

Cara isi ulang:
  • Siapkan kartu TapCash dan kartu debet ATM
  • Pilih menu BNI TapCash, kemudian enter
  • Lanjutkan dengan memilih isi ulang kartu dan tekan enter
  • Swipe kartu ATM
  • Pilih tabungan dan lanjut pilih nominal dan enter
  • Pilih direct Top Up kemudian enter
  • Masukkan pin ATM
  • Tempel kartu pada reader
  • Jika transaksi sukses, akan terlihat saldo tabungan berkurang dan struk transaksi keluar dari mesin EDC


Kesimpulan
Itulah cara isi ulang e-money kartu TapCash BNI dengan 2 mesin, pertama mesin ATM dan kedua dengan mesin EDC. Jika melihat dari cara nya, mungkin agak sedikit susah pada awal pertama kali mencoba, tapi jika sudah mencoba beberapa kali, ya pasti mudah bukan hehehe ??.

Admin rasa cukup jelas pembahasan tentang cara isi ulang kartu e-money diatas, apabila ada pertanyaan dan terdapat pemotongan saldo ATM, tapi kartu tidak terisi, silahkan menghubungi pihak Bank BNI.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Mudah Topup TapCash BNI dengan ATM dan Mesin EDC"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia