Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Tips Cara Menjaga Aki Motor dan Mobil Tetap Awet Selama Mungkin

Tips cara menjaga aki motor dan mobil tetap awet selama mungkin - Aki motor merupakan komponen penting dari sebuah kendaraan bermotor yang perlu dirawat agar bisa bertahan lama dalam menggunakannya.

Kebanyakan sepeda motor menggunakan aki untuk menghidupi bagian kelistrikan seperti lampu depan, sen, klakson dan stater motor.

Pada awal membeli motor/mobil, tentu aki masih bekerja dengan optimal. namun seiring pemakaian, aki akan mengalami penurunan performa karena salah dalam perawatan. Nah bagaimana cara merawat dan menjaga aki motor agar tetap awet selama mungkin, yuk simak tips nya dibawah ini.

Tips menjaga aki motor mobil awet sepanjang masa

Sebelum mengulas lebih lanjut tentang cara perawatan akik kendaraan bermotor, anda harus mengetahui bahwa jenis aki dalam dunia otomotif terbagi menjadi 2 macam.

  • Aki basah
  • Aki kering

1. Aki basah
jenis aki basah, menggunakan cairan untuk bisa bekerja mengaliri bagian kelistrikan pada sebuah kendaraan.

Biasanya jenis aki basah harus sering dikontrol cairan yang ada di dalam nya, jika sudah mencapai batas bawah, harus segera diisi dengan jenis cairan aki warna biru.

2. Aki kering
Aki kering berbeda dengan jenis akik basah, karena cara kerjanya tidak menggunakan bantuan cairan. Anda tidak perlu direpotkan dengan sering melihat/mengontrol untuk menambahkan air aki.

Namun aki kering memiliki masa waktu alias batas kemampuan kerja optimal, sehingga harus diganti jika sudah mencapai batasnya.

Dari kedua jenis akik kendaraan bermotor diatas, keduanya harus dirawat agar bisa optimal dalam mengaliri bagian kelistrikan kendaraan dan bisa awet melebihi batas pemakaian.

Baca juga: Cara melepas rem cbs pada motor matic

Tips menjaga aki motor/mobil tetap awet

Menjaga akik agar tetap bisa digunakan, bisa menghemat pengeluaran anda. Sebab tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli aki karena sudah tidak berfungsi alias soak.

Merawat aki agar bisa bekerja optimal adalah salah satu cara yang bisa di tempuh. Beberapa tips dibawah ini mungkin bisa membantu anda dalam merawat akik kendaraan bermotor.

1. Memanaskan kendaraan
Ketika pagi hari, kondisi aki belum terisi setrum secara maksimal. Jadi memanaskan kendaraan bermotor bisa membuat dan memicu akik lama agar cepat merespon dan menyimpan setrum, sehingga ketika menggunakan kendaraan tidak terjadi tekor aki yang memungkinkan kendaraan tidak berfungsi maksimal serta tidak mogok.

Gunakan beberapa menit waktu anda untuk memanaskan kendaraan, agar ketika Anda menggunakan nya, bisa lebih maksimal kinerja baterai aki.

2. Pantau kondisi air aki
Memantau kondisi air aki pada jenis aki basah, bisa menjadi cara agar aki anda awet sepanjang masa. Sebab ketika aki kekurangan cairan, bisa merusak fungsi elemen yang ada di dalam nya. Jika sudah terjadi kekurangan cairan beberapa kali, akan membuat aki berumur pendek dan sering tekor serta tidak kuat ngangkat.

Pantai kondisi cairan dan tambah kan air aki 1 minggu sekali jika kendaraan sering dipakai dan untuk yang jarang dipakai, cukup sebulan sekali saja.

3. Kuras aki setelah pemakaian 1-2 tahun
Menguras aki setelah pemakaian selama 1-2 tahun, akan menambah masa pakai aki tersebut. Sebab, cairan yang ada di dalam, lambat laun akan kurang merespon setrum dan harus di ganti dengan air baru.

Kuras aki anda dengan mengeluarkan isi nya, masukkan air panas lalu goyang-goyang kan kemudian buang airnya. Disini anda akan melihat banyak sekali kerak yang keluar dan terbawa air, jadi lakukan beberapa kali kemudian diamkan sampai benar-benar kering.

Setelah memastikan aki yang telah anda kuras kering, isi dengan air aki warna merah dan jika memungkinkan setrum selama 1 jam baru pasang kembali pada kendaraan bermotor anda.

Dengan melakukan tips diatas, aki anda akan bisa awet dalam menjalani tugas nya dan bisa menghemat pengeluaran. Tapi, patut di ingat, jika sudah beberapa kali melakukan tips diatas, aki harus diganti juga dengan yang baru.

Ketika pertama kali mencoba tips ini, admin merasakan memang benar bisa menghemat uang dan aki motor admin bisa awet sampai 10 tahun masa pakai. Semoga bisa bermanfaat.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Tips Cara Menjaga Aki Motor dan Mobil Tetap Awet Selama Mungkin"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia