Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

7 Pantangan dalam Merawat Murai Batu (MB) Dorong Ekor agar Cepat Selesai

Pantangan dalam merawat murai batu dorong ekor - Burung murai batu medan menjadi primadona para hobi burung karena suara nya yang merdu serta harga jual burung yang lumayan tinggi, bila dibandingkan burung ocehan lain.

Banyak pemilik burung murai batu mengeluhkan tentang lamanya proses dorong ekor dan tidak tahu kapan selesainya proses tersebut.

Pantangan merawat murai batu dorong ekor

Sebenarnya, murai dorong ekor adalah proses alamiah yang mana setiap burung murai pasti mengalaminya. Tapi, proses tersebut bisa di percepat asalkan setiap pantangan nya bisa dihindari.

Pantangan ini, harus dihindari agar proses dorong ekor murai bisa cepat selesai dan tidak terganggu.

Sama halnya dengan manusia yang menderita sakit tertentu, pasti dianjurkan oleh dokter untuk mantang makanan tertentu bahkan ada juga yang di larang mandi agar proses penyembuhan bisa menjadi lebih cepat.

Nah, apa saja pantangan dalam merawat burung murai batu dorong ekor, berikut adalah ulasannya.

7 Pantangan merawat murai batu dorong ekor


1. Jangan mandikan murai setiap hari

Memandikan burung untuk kesehatan merupakan kegiatan yang selalu dilakukan para pemilik burung.

Berbeda dengan murai yang sedang mengalami dorong ekor, memandikan burung tersebut setiap hari malah membuat bulu menjadi tak karuan. Oleh sebab itu, mandikan seminggu 1-2 kali saja, sampai proses dorong ekor selesai.

2. Jangan di jemur setiap hari

Penjemuran murai batu medan yang sedang mengalami proses dorong ekor, sebaiknya jangan setiap hari. Sebab akan membuat lama proses tersebut.

Lakukan 1-2 kali saja dalam satu minggu dan usahakan menjemur pada saat pagi hari pada jam 07.00 dan durasi nya tak lebih dari 15 menit.

3. Jangan biarkan kandang kotor

Burung yang sehat akan mudah terjangkit penyakit jika kandang dalam keadaan kotor. Mitos yang menyebutkan kotoran akan membuat mabung lebih cepat, tidak berlaku pada murai.

Maka dari itu, bersihkan pagi dan sore kandang murai batu, khususnya kotoran burung agar proses dorong ekor cepat selesai dan burung selalu dalam kondosi sehat wal afiat.

4. Jangan tempatkan kandang dengan burung ocehan lain

Burung murai dorong ekor lebih sensitif bila dibandingkan dengan yang tidak, karena proses tersebut bisa di bilang lebih sakit ketika mencabut bulu.

Karena proses tersebut begitu sensitif, maka jangan tempatkan kandang murai dengan kandang jenis burung ocehan lain seperti kacer, cucak ijo, anis, jalak, lovebird yang mempunyai sifat petarung/fighter.

Tempatkan pada area yang sunyi, jika tidak ada tempat sunyi, cara lain anda bisa memberikan full kerodong pada kandang murai dorong ekor.

5. Jangan lakukan pemasteran secara asal-asalan

Pemasteran suara ketika dorong ekor, sebaiknya perlu melihat kondisi burung. Jangan memaksakan pemasteran murai dengan cara di trek dengan burung lain.

Cukup lakukan pemasteran suara dalam kondisi burung di kerodong dan menggunakan mp3 dengan volume sedang dan durasi sekitar 2-4 jam saja.

Baca juga: 3 Alasan kenapa burung murai malas berkicau

6. Jangan lupa memberikan ekstra fooding (EF)

Burung murai yang mengalami proses dorong ekor, membutuhkan nutrisi agar bulu tumbuh dengan sehat dan bagus.

Berikan EF kesukaan murai seperti kroto atau jangkrik, dan berikan pada pagi serta sore hari.

7. Jangan lupa memberikan vitamin

Memberikan vitamin semisal BirdMineral sangat bagus agar proses dorong ekor bisa selesai dengan cepat.

Gunakan hanya vitamin yang sering digunakan para hobi burung dan jangan coba-coba menggunakan vitamin untuk manusia.

Dengan berupaya semaksimal mungkin dan menjauhi 7 pantangan dalam merawat murai dorong ekor, bisa membuat proses tersebut berjalan lancar dan bahkan bisa menjadikan lebih cepat dari perhitungan pada umumnya.

Semoga postingan singkat ini bisa bermanfaat, salam hobi burung.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "7 Pantangan dalam Merawat Murai Batu (MB) Dorong Ekor agar Cepat Selesai"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia