Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

6 Cara Ampuh Merawat Burung Kacer Nyiblek

Kacer nyiblek, sering menjadi kendala bagi setiap pemilik burung karena dianggap tidak bisa mengeluarkan senjata pamungkasnya yaitu buka ekor saat bunyi.

Dalam keseharian nya, kacer nyiblek lebih terlihat biasa saja dan sulit dibedakan dari burung kacer sejenis, tapi ketika lomba, baru mulai terlihat apakah kacer tersebut nyiblek atau tidak.

Cara merawat burung kacer nyiblek

Berikut ini adalah beberapa penyebab burung kacer nyiblek (tidak bisa buka ekor) ketika gacor, antara lain sebagai berikut:
  • Sakit
  • Mabung
  • Kurang mapan
  • Kurang pasokan ekstra fooding (EF)


Pada intinya seekor burung kacer yang tidak bisa buka ekor ketika lomba (nyiblek) bisa mempengaruhi penilaian para juri, sehingga bisa dikategorikan burung belum maksimal dalam mengeluarkan suara kicau.

Dalam merawat kacer yang mengalami kondisi diatas, mungkin beberapa tips dibawah ini bisa anda lakukan agar penampilan kacer bisa maksimal dalam lomba dan akan buka ekor alias ngobra.

Cara merawat burung kacer nyiblek


1. Settingan EF jangkrik harian

Jangkrik sangat disukai oleh burung kacer, oleh karena itu berikan settingan yang pas agar burung tidak hanya ngeriwik tapi juga ngeplong, ngotot saat berkicau dan bisa buka ekor.

Tips: 
Berikan jangkrik pada cepuk secara full atau berikan secara manual dengan settingan 15-20 jangkrik pada pagi hari. 

Lihat berapa yang tersisa, jika kacer hanya memakan 14/15 jangkrik maka settingan pagi kacer anda adalah jumlah yang dihabiskan burung tersebut.

2. Penjemuran

Kacer yang hanya naik turun tangkringan dan tidak bisa buka ekor saat lomba maupun saat di trek, perlu penjemuran matahari yang sedikit kuat. Jika tidak, maka burung kacer akan sering nyiblek.

Tips: 
Jemur burung dari pukul 07.00 pagi sampai 10.00 agar stamina dan pernafasan menjadi kuat.

3. Jangan berikan kroto secara berlebihan

Kroto merupakan sumber protein bagi burung ocehan seperti kacer. Tapi jika sampai berlebihan hanya akan menambah birahi dan tidak emosi sehingga bukan buka ekor yang burung anda lakukan, tapi hanya naik turun tangkringan saja.

Tips: 
Berikan kroto seperlunya saja, untuk menambah variasi EF pada burung kacer.

4. Suara kicau monoton

Jika burung kacer anda mengalami hal tersebut, jangan khawatir, cukup berikan settingan jangkrik dan penjemuran yang cukup serta pemasteran suara setiap hari.

Pada waktu kurang lebih satu minggu, kacer akan memiliki suara kicau yang tidak monoton dan bervariasi.

5. Kacer hanya lompat saja dalam kandang

Biasanya jika burung kacer hanya lompat saja dalam kandang, itu menandakan burung masih muda dan belum mapan.

Anda harus fokus terlebih dahulu pada perawatan harian untuk memapankan burung anda.

Tips: 
Fokus pada perawatan harian dan pemasteran suara, serta jangan di trek dahulu.

6. Mbalon dan mbedes

Biasanya kacer yang mengalami masalah mbalon dan mbedes, disebabkan karena birahi yang terlalu tinggi. Oleh sebab itu sering ditemukan burung menjadi sangat agresif ketika naik gantangan, tapi malah mbedes saat burung lawan mengeluarkan suara isian.

Tips: 
Berikan ulat bumbung agar birahinya turun sebelum naik gantangan dan kemudian angin-anginkan sebentar.


Itulah beberapa tips dalam meerawat burung kacer yang tidak bisa buka ekor alias nyiblek saat lomba gantangan. Tapi settingan sesungguhnya hanya anda yang bisa mengetahuinya karena biasanya pemilik lebih mengetahui tentang perilaku burung ocehannya sendiri.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "6 Cara Ampuh Merawat Burung Kacer Nyiblek"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik

 
Template By Kunci Dunia