Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

2 Tips Paling Mudah dalam Merawat Motor Matic Injeksi agar Awet Terus

Cara merawat motor matic injeksi - Memiliki motor matic dengan sistem injeksi tentu banyak kelebihan serta kekurangannya. Kelebihan nya mudah dioperasikan tanpa harus memasukkan gigi dan kopling, serta irit bahan bakar. Konon motor matic injeksi lebih ramah lingkungan karena sudah mengadopsi teknologi canggih, sehingga hasil pembuangan pembakaran mesin melalui knalpot sangat ramah lingkungan dan sudah pasti lulus uji emisi.

Selain kelebihan diatas, beberapa kekurangan juga ada pada motor matic dengan sistem injeksi. Sebut saja biaya servis yang tinggi dan suku cadang yang lumayan bisa bikin kantong kempis.

Tips mudah merawat motor matic injeksi

Sebenarnya, ketika memiliki motor matic injeksi ada 2 hal yang harus diperhatikan agar motor bisa sehat terus dan tidak rewel. Hal ini admin ketahui dari teman yang kebetulan seorang mekanik bersertifikat, dengan segudang pengalaman dalam hal oprek motor.

Beliau menjelaskan secara detail tentang apa saja perawatan yang harus dilakukan, agar motor matic bisa awet dan tidak sering masuk bengkel.

Anda tentu tahu kan, bahwa masuk bengkel resmi saja bisa menghabiskan uang banyak karena biaya jasa yang terbilang mahal. Belum lagi jika ada pergantian suku cadang atau sparepart, tentu anda harus mengeluarkan tambahan uang untuk membelinya plus ongkos jasa pemasangan.

Maka dari itu, teman saya ini memberikan tips dalam merawat motor matic injeksi agar bisa awet dan tidak rewel.

Apa saja 2 hal tersebut, mari kita berbagi dalam kebaikan untuk kepentingan bersama dengan melihat uraian dibawah ini.

2 Tips mudah dalam merawat motor matic injeksi agar awet


1. Oli mesin

Semua jenis kendaraan pasti menggunakan oli untuk melumasi setiap bagian dalam mesin, agar tidak cepat rusak karena gesekan serta panas dari pembakaran yang dihasilkan kendaraan saat hidup.

Oleh sebab itu, pemilihan oli mesin sangat penting dan berpengaruh dalam hal perawatan motor matic.

Gunakan oli mesin dengan tingkat kekentalan 15w-40 agar oli mesin tidak cepat habis karena menguap.

Kenapa demikian, sebab oli mesin standar pabrik hanya memiliki tingkat kekentalan 10w-30 yang mana untuk pemakaian setiap hari terlalu encer dan cepat menguap.

Saya pribadi lebih menyarankan Shell HX5 dengan tingkat kekentalan 15w-40 dengan volume 1 liter. Jadi tinggal tuang 0,750 dan sisanya bisa dipakai untuk oli gearbox.

Kenapa harus 0,750 bukan kah standar nya 0,800?

Ketika anda ingin mengganti oli mesin sendiri tanpa harus ke bengkel, biasanya oli keluar hanya 0,750 dan sisanya 0,050 tersimpan dalam bak cadangan. Jadi tinggal tambahkan 0,750 dan simpan sisa oli yang tersisa, jika anda membeli oli yang 1 liter.

Memang pada 2 minggu pertama pemakaian oli 15w-40 akan terasa berat pada tarikan gas, namun selanjutnya akan terasa ringan serta enak (survey terhadap komunitas yang memakai oli tersebut).

Baca juga: Cara paling mudah mengatasi bunyi rem motor berdecit

2. Saringan udara

Hal kedua yang tak kalah penting adalah saringan udara. Motor matic dan motor jenis lainnya, sangat membutuhkan saringan udara untuk memperkuat kinerja mesin. Jika saringan udara kotor, akan menyumbat aliran udara yang masuk, sehingga tarikan gas menjadi tidak enak dan membuat mesin bekerja lebih keras.

Contoh mudah nya begini, hidung manusia memiliki 2 lubang dan ketika salah satu lubang mampet saat terserang penyakit flu maka aliran udara akan sedikit yang masuk, sehingga memaksa paru-paru bekerja lebih keras. Faham kan. 😀

Saringan udara pada sebagian jenis motor matic, terbuat dari kertas semacam karton/kardus dan sangat amat rapuh sehingga tidak bisa sering dibersihkan serta harus diganti baru sedangkan harganya tidak murah.

Apa solusinya?
Masih ingatkah dengan saringan udara motor Honda Grand/supra yang menggunakan jenis spon? jika ingat, itu solusi nya.

Saringan udara jenis spon, lebih kuat dan tahan lama karena bisa di cuci dan digunakan berulang kali. Kepadatan material spon, mampu menyaring udara kotor yang akan masuk, sehingga pas untuk udara kota yang banyak polusi.

Bagaimana caranya?


  • Pertama potong saringan udara menggunakan cutter, lalu bentuk spon sama dengan dudukan saringan udara. 
  • Kedua basahi spon dengan oli agar lembab dan jika dirasa kurang kuat, anda boleh menambahkan kawat untuk menjaga spon agar lebih kencang lagi.

Dengan menggunakan saringan udara honda grand yang berbahan spon pada motor matic injeksi seperti Vario, Beat, Scoopy, anda bisa lebih menghemat pengeluaran karena saringa spon.bisa di cuci berulang kali dan harganya relatif murah hanya kisaran 38 ribuan.

Itu saja 2 tips menjaga motor matic agar awet dan tidak rewel, semoga bisa bermanfaat.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "2 Tips Paling Mudah dalam Merawat Motor Matic Injeksi agar Awet Terus"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia