Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Motor Lawas Minum Pertamax, Apa Jadinya

Motor lawas pakai Pertamax - Memiliki sebuah sepeda motor jenis lawas, menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Apalagi jenis perawatan motor tersebut terbilang mudah dan tidak ribet seperti motor baru pada umumnya.

Walaupun harga motor lawas terbilang murah, tapi jangan salah kaprah. Sebab pada tipe atau jenis tertentu, motor lawas bisa bernilai mahal.

motor lawas minum pertamax apa jadinya

Sebut saja motor RX King. Motor 2 tak keluaran Yamaha motor ini bernilai fantastis, karena sudah sangat jarang terlihat berseliweran di jalan raya.

Pada sebuah ajang otomotif yang baru digelar, sebuah Yamaha RX King Special Edition tahun 2003 di bandrol 50 juta oleh pemiliknya. Harga tersebut terbilang fantastis, karena pada pagi harinya, sudah ada yang menawar 30 juta, namun enggan dilepas pemiliknya.

Maraknya motor lawas yang memiliki nilai fantastis, bukan serta merta membuat perawatan motor tersebut disepelekan.

Sebagai contoh adalah dalam pemilihan bahan bakar yang tepat untuk motor lawas. Hal ini harus benar-benar diperhatikan oleh pemilik. Sebab jika tidak, performa menjadi tidak bagus lagi.

Setidaknya ada 2 pendapat mengenai bagus dan tidak nya, motor lawas minum Pertamax.

Pendapat pertama mengatakan bahwa semakin bagus bahan bakarnya, akan berdampak bagus juga pada mesin motor. Hal tersebut ada benarnya juga, sebab Pertamax mampu membersihkan kerak dalam tangki bahan bakar.

Pendapat kedua mengatakan kurang cocok motor lawas minum Pertamax, sebab nilai kompresi mesin menjadi patokan dasar bahan bakar untuk motor.

Motor lawas, biasanya memiliki nilai kompresi mesin lebih rendah bila dibandingkan dengan motor baru. Karena kompresi mesin menjadi dasar dalam pemilihan bahan bakar, maka tidak salah juga menjadi rekomendasi bagi pemilik motor lawas.
Nilai kompresi dibawah 9.1:1 yang dimiliki motor lawas, sangat cocok menggunakan bahan bakar jenis Premium, sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna dan tidak boros.

Lalu bagaimana jika menggunakan Pertamax pada motor lawas?

Pertama kita lihat dulu nilai oktan Pertamax, yaitu 92. Kandungan RON 92 sangat bagus untuk motor dengan kompresi 10.1:1 keatas.

Secara teori dan hitung-hitungan, sudah barang tentu Pertamax kurang cocok untuk motor lawas.

Apa yang terjadi jika motor lawas menggunakan Pertamax?

Kalau sesekali saja, admin rasa tidak mengapa karena Pertamax bisa membersihkan tanki bahan bakar dan Karburator.

Namun, jika dipakai setiap hari maka yang terjadi pada ruang pembakaran menjadi tidak maksimal, sehingga motor terasa lebih boros.

Kendala lain yang terjadi adalah sering rewel nya mesin ketika dihidupkan. Mulai gas tekor, sampai mogok tengah jalan.

Lalu bahan bakar apa yang tepat untuk motor lawas?

Secara teori dan rumus kompresi, motor lawas yang notabene memiliki nilai kompresi dibawa 9.1:1 hanya cocok menggunakan Premium yang mengandung oktan 88. Namun, jika terkendala masalah ketersediaan Premium di sejumlah SPBU, maka Pertalite dengan nilai oktan 90 bisa menjadi alternative. Tapi ingat, hanya alternative bahan bakar.

Memilih bahan bakar untuk motor lawas harus bijak dan tidak asal, kecuali anda ingin motor lawas kesayangan mengalami kendala terus he..he..he.

Semoga postingan ini bisa memberi informasi bagi pemilik motor lawas.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Motor Lawas Minum Pertamax, Apa Jadinya"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia