Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Pengaruh Oli Mesin yang Bagus pada Motor Matic Injeksi yang dipakai Setiap Hari

Pengaruh oli mesin yang bagus pada motor matic injeksi - Oli mesin merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sepeda motor. Sebab, tanpa adanya oli, komponen mesin akan bergesekan dan bisa mengeluarkan suara bising serta pasti akan rusak.

Masalahnya mencari oli mesin yang cocok untuk motor khususnya matic injeksi, terbilang susah susah mudah. Ada yang menilai bahwa oli bawaan pabrik itu yang bagus, ada juga yang mengatakan bahwa harus menggunakan jenis oli mesin yang sesuai pemakaian motor.

Kedua pendapat tersebut ada benarnya, pendapat pertama mungkin berfikir oli mesin bawaan pabrik yang bagus karena disarankan dari pabrik motor yang di beli.

Pengaruh oli mesin yang bagus pada motor matic injeksi

Sedangkan pendapat yang kedua berfikir bahwa pemakaian motor setiap hari khususnya matic, membutuhkan oli yang lebih bagus lagi dari segi kekentalan. Sebab mereka yang berprofesi sebagai sales atau ojek online, terus memacu motornya di jalan setiap hari. Oleh karena itu mereka butuh  oli yang sedikit kental dari bawaan pabrik.


Pengaruh oli mesin yang bagus pada motor matic injeksi


Hampir semua oli bawaan pabrik motor matic injeksi, menggunakan standar kekentalan 10w-30. Jenis oli ini, sudah digunakan hampir oleh setiap motor matic yang mendapatkan service gratis plus oli mesin gratis ketika membeli motor dari dealer.

Admin pun pernah merasakan sensasi oli mesin tersebut pada tunggangan motor matic ketika pertama beli. Tapi ketika motor matic mencapai 10.000/km keatas, oli bawaan terasa tidak begitu bagus. Sebab dengan tingginya frekwensi laju motor, mesin menjadi cepat panas dan tarikan gas sedikit ngempos.

Oleh karena itu, admin sedikit mencari solusi bagaimana mencari oli mesin motor matic yang tidak membuat panas mesin dan tidak membuat tarikan menjadi ngempos.

Ketika berada di toko oli, pandangan admin langsung tertuju pada bagian oli dengan tingkat kekentalan diatas standar oli mesin pabrikan. Bingung memilih akhirnya tertarik mencoba oli mesin matic dengan kekentalan 15w-40. Tanpa ragu, segera motor matic injeksi di ganti oli mesin oleh pelayan toko oli.

Ketika pertama kali uji coba oli ini, suara mesin terdengar halus ketika hentakan ketiga kick stater berhasil menyalakan motor. Setelah membayar, lalu admin langsung tes drive oli baru keliling jalan sekitar toko oli. Maksudnya sih sederhana, kalau ada keluhan, bisa langsung balik lagi mumpung masih baru he..he..he.

Baca juga: Daftar motor yang disarankan pakai Pertalite

Sesuai prediksi, oli mesin motor matic dengan kekentalan 15w-40 terasa sangat berat pada awal pemakaian dan ini berlangsung selama 7 hari pemakaian. Namun setelah itu, motor menjadi lebih enak dan pada tarikan gas lebih baik dari sebelumnya.

Pada pemakaian jarak jauh, mesin tidak terlalu cepat panas, dan admin berfikir mungkin karena kekentalan oli yang diatas standar oli bawaan pabrik.

Setelah mencapai 2000/km, sengaja mengecek apakah oli ini berkurang atau tidak, tapi ternyata malah tetap alias tidak berkurang sama sekali.

Pada postingan ini, admin tidak menyarankan pembaca untuk mengganti oli mesin motor matic yang biasa dipakai dengan oli mesin 15w-40, tapi hanya sekedar membenarkan pendapat kedua diatas, bahwa motor matic injeksi milik sendiri, hanya kita yang tahu bagaimana merawatnya.

Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi para rider yang bingung untuk mengganti oli mesin motor matic injeksi.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Pengaruh Oli Mesin yang Bagus pada Motor Matic Injeksi yang dipakai Setiap Hari"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia