Goresan Informasi

Blog yang mengulas informasi kesehatan, blogging, android, muslim info, burung kicau, kartu identitas, info menarik dan seputar otomotif

Cara Mengisi Formulir Pembuatan Akte Kelahiran Anak dan Dewasa yang Benar

Persyaratan pembuatan akte kelahiran anak dan dewasa salah satunya adalah mengisi formulir yang disediakan oleh pihak Kelurahan. Banyak yang belum mengetahui bahkan salah mengisi formulir tersebut, sehingga ketika aplikasi diberikan di tolak dan dikembalikan oleh pihak Kelurahan.

Mengisi formulir pengajuan yang benar, bisa mempercepat proses keluarnya SPL (Surat Pernyataan Lahir) dari Kelurahan. Dengan terbitnya SPL ini, maka pencetakan akte kelahiran bisa dilakukan, baik di Kelurahan maupun di Dukcapil.

cara mengisi formulir pengajuan akte kelahiran

Untuk mencegah pemborosan waktu dan lain sebagainya, alangkah baiknya jika anda mengetahui tentang tata cara pengisian formulir pengajuan akte kelahiran sehingga ketika semua syarat di ajukan tidak di tolak dan dikembalikan.

Pada postingan terdahulu sudah admin ulas dengan lengkap tentang apa saja syarat-syarat dokumen pendukung dan tata cara pembuatannya, seperti dibawah ini.

Syarat pembuatan akte kelahiran
  • Foto copy KTP dan KK
  • Surat pengantar RT dan RW
  • Surat kelahiran dari rumah sakit/klinik (asli dibawa)
  • Foto copy KTP saksi 2 orang
  • Foto copy surat nikah full


Untuk melengkapi, admin ulas juga tentang cara mengisi formulir pengajuan akte kelahiran dewasa dan anak seperti dibawah ini.

Cara mengisi formulir pembuatan akte kelahiran dewasa dan anak


Data anak
Pada bagian data anak yang akan dibuatkan akte kelahiran, isi dengan benar dan jangan keliru, mencakup nama anak yang sesuai Kartu Keluarga, tempat dan tanggal lahir serta tahun juga harus sesuai dengan surat kelahiran dari klinik atau rumah sakit.

Untuk melengkapi lampirkan juga foto copy surat kelahiran dari rumah sakit atau klinik.

Data orang tua
Pada bagian data orang tua, isi dengan benar dan jangan sampai salah seperti data ayah mencakup nama, tanggal lahir dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Begitu juga dengan data ibu kandung, isi sesuai KTP yang berlaku jangan sampai salah mengeja nama, tanggal lahir, bulan dan tahun serta NIK.

Untuk melengkapi siapkan syarat foto copy KTP orang tua kandung agar ketika dicocokkan tidak terdapat kekeliruan.

Pelapor
Pada bagian ini isi data diri pelapor yaitu siapa orang yang melaporkan kelahiran, jika ayah nya, cantumkan nama ayah.

Apabila anda menyuruh orang lain seperti keponakan, tetangga bahkan pak RT, maka data pelapor harus di isi orang tersebut yang datang ke Kelurahan.

Data saksi
Pada bagian data saksi sama seperti diatas harus sesuai KTP dan tidak boleh keliru. Saksi tidak boleh saudara kandung bagi orang dewasa yang ingin membuat akte kelahiran, mintalah paman, bibi bahkan tetangga juga bisa dijadikan saksi untuk akte kelahiran.

Jangan lupa untuk membubuhi tanda tangan 2 orang saksi pada formulir data saksi dan jangan dipalsukan. Bawa pulang dulu formulirnya dan minta tandatangan saksi agar valid dan aplikasi pengajuam akte kelahiran sukses di proses.

Surat pernyataan anak seorang ibu
Pada bagian ini, khusus bagi orang dewasa yang ingin membuat akte kelahiran, namun tidak memiliki surat nikah orang tua.

Isi data ibu dengan benar dan sesuai KTP yang berlaku mencakup nama, tempat fan tanggal lahir.

Bubuhi materai 6000 pada bagian bawah dan diberikan tandatangan. Lampirkan foto copy KTP ibu juga untuk memperkuat.

Bagaimana jika ibu kandung sudah meninggal dunia?
Jika kejadiannya seperti itu, maka harus dilampirkan surat kematian dari kelurahan. Sebab dalam surat kematian terdapat nama, tempat tanggal lahir serta Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Surat pernyataan kelahiran anak
Pada bagian ini khusus untuk orang dewasa maupun anak yang tidak memiliki surat kelahiran dari rumah sakit atau klinik.

Isi dengan benar data pada formulir surat pernyataan lahir ini, apabila sudah memiliki KTP sesuaikan dengan KTP atau Ijazah.

Itulah ulasan tentang bagaimana mengisi formulir pengajuan pencatatan akte kelahiran anak dan dewasa, hal ini sengaja admin buat agar pengajuan bisa sukses di proses agar tidak lama.

Sebagai catatan, proses lama dan tidaknya pembuatan SPL dari kelurahan tergantung bagaimana anda mengisi formulir pengajuan akte kelahiran. Semoga bisa bermanfaat.
Advertisement
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara Mengisi Formulir Pembuatan Akte Kelahiran Anak dan Dewasa yang Benar"

Komentar yang baik adalah yang sesuai topik dan menggunakan nama. Klik tanda centang untuk menerima pemberitahuan balasan dari admin.

 
Template By Kunci Dunia